Wednesday, June 24, 2015

Ajarkan Anak Puasa Secara Bertahap

Sudah 2 hari ini Zaidanga puasa karena sakit, demam, batuk, dan pilek. Akhirnya saya biarkan dia ga puasa. Biar dia sehat dulu. Toh, belum wajib juga karena usianya masih 8 tahun.

Tahun lalu, dia hanya batal 2 hari karena sakit juga. Sisanya alhamdulillah puasa penuh sampai magrib. Kebetulan sekolahnya sekolah Islam terpadu. Jadi kebantu banget memotivasi dia untuk semangat puasa karena di sekolahnya juga diajarkan untuk puasa.

Sumber: adisanita.wordpress.com

Saya mengajarkan Zaid puasa secara bertahap. Seingat saya, ini tahapan Zaid belajar puasa:
  1. Awalnya hanya diberitahu puasa itu apa, kenapa kita harus puasa, Bulan Ramadan itu apa, Idul Fitri itu apa. Ini..kira-kira usia playgrup, sekitar 3-4 tahun. 
  2. Lalu bertahap tahun berikutnya puasa seperempat hari, kira-kira di usia TK A, sekitar 4-5 tahun. Sahurnya sih kadang ikut sahur malam, kadang jam 7 pagi. Lalu jam 10 buka puasa. 
  3. Tahun berikutnya saat usia TK B sekitar usia 5-6 tahun, puasa sampai dzuhur.
  4. Tahun berikutnya saat usia SD kelas 1, puasa sampai ashar atau magrib.
Namanya juga belajar, jangan paksa ia untuk kuat berpuasa. Tahun lalu, Zaidan bisa berpuasa penuh karena kami beri reward uang setiap ia menyelesaikan puasa sehari penuh. Semoga saja tahun ini setelah sembuh, dan tahun-tahun mendatang-  Zaidan bisa BELAJAR puasa penuh walau tidak kami beri reward.

19 comments :

  1. Lekas sehat Kak Zaidan biar bisa ikut puasa lagi.

    Setuju nih Mbak. Anak2 emang harus dijelaskan dulu, diajari pelan2 dan bertahap nggak bisa kalau jujag atau mendadak.

    ReplyDelete
  2. Lekas sehat Kak Zaidan biar bisa ikut puasa lagi.

    Setuju nih Mbak. Anak2 emang harus dijelaskan dulu, diajari pelan2 dan bertahap nggak bisa kalau jujag atau mendadak.

    ReplyDelete
  3. setuju, Mak. Saya juga bertahap banget. Makanya Keke baru mulai puasa penuh itu kelas 2 SD

    ReplyDelete
  4. Betul sekali, Mbak, mengajarkan anak puasa secara bertahap ini penting sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pa, biar ngga kaget sewaktu ketika ia baligh

      Delete
  5. aku lupa sih kapan yah pertama kali belajar puasa, tapi ya sama diajarinnya bertahap juga :D
    dari mulai cuma setengah hari sampai akhirnya bisa full..

    Ohiya, semoga Zaid cepet sembuuh yah mak.

    ReplyDelete
  6. buat anak kecil yg aktif puasa memang berat gak bisa langusng full sebulan penuh puasa. Anaknya gak rewel pas puasa aja udah bgs :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, harus disemangati terus supaya ia semangat taun kemarin zaidan semangat karna dikasih reward 5000 per hari :D

      Delete
  7. Alvin juga baru belajar puasa sampai jam 1-2 nih

    ReplyDelete
  8. Aku jadi inget partama kali puasa full itu karena saingan sama anak tetangga yang seumuran denganku dulu, pokoknya kuat-kuatan puasanya full sampe maghrib :'D

    btw blognya sudah ku follow ya mak yuk #KEB saling follow ;)
    http://daridan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. jadi semangat ya mak kalo ada teman bersaing dlm kebaikan, siap ku folbak!

    ReplyDelete
  10. sepupu saya yang kecil suka ikut puasa tapi sampei dzuhur

    ReplyDelete
  11. segala sesuatu harus bertahap sama halnya dengan mengajarkan puasa pada anak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...