Friday, May 1, 2015

Tips Enteng Menyetrika

Mungkin ada sebagian orang yang mengira bahwa Gerakan Tanpa Setrika (GTS) yang digagas mbak Dwi Indah Lestari itu tidak melakukan pekerjaan menyetrika sama sekali. Padahal, gerakan itu menyerukan meminimalkan menyetrika. Artinya, menyetrika yang penting-penting saja. Seperti pakaian kantor, pakaian sekolah, dan pakaian formal lainnya. 

Menyetrika memang salah satu pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan waktu. Bagaimana tidak, saya harus menyetrika pakaian empat orang, dua dewasa dan dua anak yang sering gonta-ganti baju karena berkeringat atau terkena air dan kotoran. Tidak ada mesin yang bisa menggantikan pekerjaan menyetrika seperti mesin cuci. Menyetrika harus dilakukan dengan tangan sendiri.


Sejak tidak memiliki asisten rumah tangga, sejak sebelum GTS ini booming di dunia maya, saya sudah meminimalkan kegiatan menyetrika di rumah. Karena harus tetap menyetrika untuk pakaian tertentu, ini tips saya agar menyetrika tak jadi berat:

Pertama, mensortir pakaian yang akan disetrika dan tidak. Biasanya pakaian yang disetrika adalah pakaian kantor, pakaian sekolah, dan pakaian formal lainnya.

Kedua, melipat rapi pakaian yang tidak disetrika.

Ketiga, (kadang kalau ada) menggunakan pelembut dan pewangi pakaian untuk membantu memudahkan menyetrika. Menyemprotkan pelembut dan pewangi ke pakaian yang akan disetrika membuat pakaian jadi licin dan mudah disetrika. 

Keempat, menyalakan kipas angin untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena udara dan setrika yang panas.

Kadang Raissa sampai ketiduran di keranjang pakaian nunggui saya menyetrika.

Kelima, memberikan anak saya kegiatan sehingga ia tak akan terlalu banyak minta tolong pada saya yang sedang menyetrika. Bahaya, bisa terkena setrikaan yang panas. Biasanya saya biarkan anak saya main gadget, menggambar, mewarnai, memainkan mainan kesukaannya, atau naik di atas kerangjang pakaian.

Keenam, boleh lah dinyalakan musik kesukaan atau murottal Alquran agar lebih semangat. 

Tadaaa, sudah selesai. Pakaian yang sudah ditumpuk berdasarkan kepemilikiannya, saya taruh di lemari masing-masing anggota keluarga. Kalau mau pakai, mereka tinggal mengambilnya di lemari masing-masing. 

Kalau bapak, ibu, om, tante, punya tips juga agar enteng menyetrika??

25 comments :

  1. Nyalain kipas nggak pernah absen mbak buat saya kalau pas lagi nyetrika. Duh, jadi ingat baju yangbelum disetrika.

    ReplyDelete
  2. Aku sambil dengerin musik mak, nyetrika sambil menyonyo deh..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, jadi terhibur jadinya ya mak...

      Delete
  3. kalau saya kadang sambil dengerin musik, kadang ambil lihat tv mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah saya sambil liat TV, setrikanya nyenggol tangan XD

      Delete
  4. Saya tu mak..kalau nyetrika..pilih-pilih banget, biasanya mau dipake baru disetrika, habis emang ga tahan dengan hawa panasnya, kalau berdiri kaki pegel. Duduk apalagi, pinggang sakit, nyerah deh kalau disuruh pekerjaan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya gabisa kalo mau pake baru nyetrika, waktu gabisa diprediksi :)

      Delete
  5. sama tuh mak tips menyetrikanya. makasih ya...nyetrika itu emang pekerjaan butuh mood

    ReplyDelete
  6. Biar lebih enteng nyetrika, serahkan sama mbak ART, *kabooor :p

    ReplyDelete
  7. Biar tahan lama saat nyetrika, sebelumnya gerak-gerakin badan dulu alias pemanasan, terutama kalau bajunyanya segunung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak mau olah raga aja ya mak pemanasan dulu :D

      Delete
  8. Dulu jaman masih mudah dan enteng tubuhku, rajin nyetrika. Sekarang? Yang perlu disetrika aja lah, lainnya dilipat begitu diangkat dari jemuran, hihiiii

    ReplyDelete
  9. Skrg saya juga nyetrika yg penting2 aja Mak, biasanya di depan TV hehehe

    ReplyDelete
  10. Saya nyetrika sambil nonton drama korea mbak. hehehe

    ReplyDelete
  11. Pake pelembut emang penting, biar ga kusut2 amat. Gampang juga nyetrikanya ya, mak. :D

    ReplyDelete
  12. Nyetrika....paling enak klo pas hujan Mak.. biasanya pas anak pertama sekolah. Alya tidur pagi...ato klo nggak pas is asyik bermain. Thanks tipsnya! Mulai pilih-pilih aja ah..biar nggak cepet numpuk:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, angkat dr jemuran enaknya langsung dipilah biar ga numpuk. kalo udah numpuk maleeees

      Delete
  13. kalo aqu mbak yang sibuk kerja gimana??
    jarang banget di rumah,,orang tua qu gak mungkin bresin baju aku,,kalo malem setrika pasti koslet listrik nya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...