Thursday, May 28, 2015

[Tips] Agar Buah Hati Tidur Nyenyak



Tidur adalah aktivitas alamiah dalam kehidupan yang banyak sekali manfaatnya. Berbagai penelitian membuktikan bahwa tidur dapat meningkatkan memori, mempengaruhi kualitas hidup, menghindari stress, mencegah peradangan, memacu kreatifitas, meningkatkan nilai akademis, memiliki berat badan yang sehat, dan menghindari kecelakaan.

Para ahli juga banyak membahas bahwa tidur merupakan salah satu rangsang tumbuh kembang otak. Sekitar 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan saat bayi tidur. Hormon ini bertugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, mengatur metabolisme tubuh termasuk otak, serta memperbaiki dan memperbarui seluruh sel yang ada.

Orang dewasa memerlukan 7–8 jam sehari untuk tidur. Sementara itu, National Sleep Foundation merekomendasikan agar anak-anak usia 1-3 tahun tidur selama 12-24 jam sehari. Anak-anak usia 3-5 tahun memerlukan tidur selama 11-12 jam per hari, sementara anak usia 5-12 tahun memerlukan waktu tidur selama 10-11 jam sehari. 

Jika tidur anak terganggu, sel darah putih dalam tubuhnya akan menurun sehingga daya tahan tubuhnya ikut turun. Anak jadi mudah lelah dan sakit, pertumbuhan dan kemampuan berfikirnya pun terganggu. Anak juga jadi rewel, cengeng dan sulit diatur.



Agar buah hati kita bisa tidur nyenyak di malam hari, tips berikut bisa kita praktekkan di rumah.

1. Mandi sebelum tidur

Saya sendiri biasanya memandikan anak pada sore hari. Namun, jika tidak sempat mandi di sore hari, mandi bisa dilakukan sebelum tidur menggunakan air hangat. Mandi membuat badan rileks dan siap tidur.

2. Pijat

Pijatan yang lembut dapat menenangkan. Apalagi kalau anak sedang tidak enak badan, pijatan akan membuat mereka nyaman dan tidur lebih nyenyak. 

3. Ciptakan suasana tenang dan nyaman 

Untuk menciptakan ketenangan dan kenyamanan menjelang tidur, saya biasanya menutup pintu kamar, menyalakan kipas/AC, membereskan tempat tidur dari sampah makanan dan mainan, bacakan mereka cerita atau sekedar ngobrol serta memotivasi anak agar segera tidur. Kadang, saya putarkan murottal Alquran dengan suara kecil sambil mengusap-usap punggung si kecil.

4. Ciptakan keharmonisan di rumah.

Salah satu penyebab gangguan tidur yang sering disebut adalah gangguan emosional-psikologi. Ini pernah saya alami saat anak sulung masih berusia 3-4 tahun-an. Jika ada yang mengganggu perasaan anak di siang hari, tidur malamnya pasti terganggu. Dia jadi gelisah, mudah terbangun dan menangis di malam hari. 

5. Tidak berlebihan dalam bermain dan bersendagurau

Hal ini juga pernah saya alami beberapa kali. Saat anak bermain dan bersendagurau berlebihan dengan teman dan saudaranya di siang hari, tidur malamnya seringkali gelisah dan mengigau.

6. Jauhkan dari binatang pengganggu.

Binatang yang seringkali mengganggu saat anak tidur, tentu saja nyamuk. Seringkali anak bangun di malam hari karena gigitan nyamuk. Tak jarang, di kulit anak saya banyak bekas garukan akibat gigitan nyamuk yang bikin gatal di kulit. 

Sumber: serbakuis.com

Agar nyamuk tak berani mengganggu tidur sang buah hati, kita bisa menggunakan Baygon Liquid Electric yang merupakan perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak karena aromanya lembut dan tanpa asap yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Menggunakan Baygon liquid electric tanpa repot, tinggal menghubungkan pemanas ke kontak listrik maka lampu indicator akan menyala pertanda pemanas sudah bekerja. Jangan khawatir listrik jadi boros karena alat ini dapat menghemat listrik 40%.

Semoga bermanfaat ya ayah bunda. temukan tips lain agar anak tidur nyenyak tanpa nyamuk di blog urban mama.

 
Sumber referensi:


 



21 comments :

  1. dirumah saya suka pakai hit bakar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba tapi cuma sekejap aja ko mba baunya :)

      Delete
  2. Meskipun belum menikah dan belum punya anak juga ini tips untuk aku juga bisa kan yaa mba? hehehe

    ReplyDelete
  3. Di rumah yang lama nyamuknya banyak banget. Alahmdulillah di rumah yang sekarang nyamuknya ga ada jadi enggak harus pakai obat antinyamuk. Tapi kalau pas pulang ke Jawa Timur, wajib deh nyalain obat nyamuk elektrik. Nyamuknya sereeem....

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kampung saya hawanya dingin dan jarang nyamuk :)

      Delete
  4. Nyamuk meski kecil memang mengganggu banget ya mbak, apalagi di daerah endemik seperti Indonesia. Nice sharing mbak, makasih tipsnya

    ReplyDelete
  5. Good Luck Mbak. Kalo di daerah dingin jarang nyamuk, kalau di daerah panas. weesss nyamuknya ganas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah masuk musim panas kali ya mba, nyamuknya banyak dan ganas

      Delete
  6. Disini agak tinggi jd nyamuk nggak terlalu banyak tp di rumah ortu banyak jd pakai yg spt ini, nggak semprot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya kadang pake yg semprot kadang pake elektrik mak :)

      Delete
  7. di rumah juga selalu pakai Baygon...nggak mau yang lain hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya nyaris nggak pernah pakai obat nyamuk, soalnya kalau posisi sedang di rumah Eyang, pasti wajib pakai kelambu, jadi terbawa-bawa pas merantau di Manado juga pakai meski di rumah sana nyaris nggak ada nyamuk he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pakai kelambu, ranjangnya harus yg pakai kaki ya mba. anak2 di rumah ranjang di lantai aja dari kecil biar ga gampang jatuh. jd kalo pake kelambu susah juga :D

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...