Tuesday, April 21, 2015

Belajar Bahasa Inggris Dengan Bantuan Google Translate


"Mi, ini bahasa Inggrisnya apa ya?"
"Kalo itu bahasa inggrisnya apa?"

Begitulah, hampir tiap hari Zaidan bertanya, ini bahasa inggrisnya apa, itu bahasa inggrisnya apa. Biasanya, dia sedang main game di gadget lalu ada bahasa Inggris yang tidak dia mengerti. Jadi, dalam hal ini game ada manfaatnya juga sih. Zaidan jadi bertanya terus tentang beberapa kosakata dalam bahasa Inggris. Kalau tahu, saya langsung jawab. Kalau tidak, saya biasanya buka google translate.


Tapi, karena saking seringnya, saya akhirnya mempersilahkan Zaidan membuka sendiri google translate. Kalau saya sedang cuci piring di dapur atau mengerjakan hal yang lain, saya tidak mungkin membantunya.

Sekarang, google translate menjadi salah satu teman Zaidan dalam belajar Bahasa Inggris.  Seperti kemarin, saat Zaidan belajar menjawab soal cerita bahasa Inggris. Cara menggunakan google translate mudah saja:

1. Buka translate.google.com
2. Atur dulu bahasa yang ingin diterjemahkan, misalnya English ke Indonesian.

3. Masukkan kata atau kalimat yang ingin kita terjemahkan lalu klik translate, hasilnya langsung terlihat. 

Biasanya terjemahannya tidak langsung pas dalam bahasa Indonesia. Kita, orangtua, bisa membantu memberitahu kata atau kalimat yang dimaksud. Misalnya saja soal nomor 1, "What is the passage about?" Kalau diartikan dengan menggunakan google translate, hasilnya adalah "Apa bagian tentang?" Kita bisa menjelaskan maksud kalimat itu adalah, "Tentang apa cerita di atas?"

Oh ya, yang menarik, di google translate ternyata ada speakernya. Satu hal yang luput dari perhatian saya selama ini. Jadi, selain belajar menerjemahkan sehingga tahu dan kenal kosakata dalam Bahasa Inggris, anak juga bisa belajar mengucapkan kata tersebut dalam Bahasa Inggris yang baik. Tinggal klik gambar speaker, kata atau kalimat yang kita ketikkan, akan berubah menjadi suara orang yang mengucapkan kata atau kalimat tersebut.


Google translate sangat membantu saya dalam mendampingi Zaidan belajar Bahasa Inggris. Meskipun saya pernah belajar Bahasa Inggris lewat berbagai kursus, tapi itu sudah lama dan jarang dipakai. Jadi, ilmunya sebagian sudah hilang. Terus, kenapa nggak kursus aja? Hehe, yaa mungkin nanti ketika semakin dibutuhkan dan ada rejekinya, baru kursus.
 


8 comments :

  1. Bagus ya Bu ternyata dengan tablet anak tidak hanya untuk bermain games saja tapi juga belajar, bagus juga buat ibu-ibu untuk belajar bahasa Inggris siapa tahu pas kuota internet lagi habis, kan ibunya sudah tahu duluan :)

    ReplyDelete
  2. Kalok untuk per kata, Google Translate memang membantu banget, Mbak.. Tiap bikin postingan Bahasa Inggris, aku kadang sukak bukak kalok lagi males megang kamus :D

    ReplyDelete
  3. mbah google memang bermanfaat ya mba :)

    ReplyDelete
  4. Inilah sisi positif kemajuan teknologi, orang tua memang perlu mendampingi. Betul kan mbak...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...