Tuesday, February 24, 2015

Wisata Musim Dingin Ke Gala Yuzawa Jepang



Ketertarikan saya pada hal berbau Jepang mungkin dimulai dari serial televisi Oshin semasa anak-anak. Salju, kimono, makan ikan mentah, rumah ala Jepang, gendong anak di punggung sambil bekerja, pengantin Jepang bermuka putih, semua hal itu menggambarkan Oshin dan Jepang di mata anak-anak seperti saya. Menarik sekali kebudayaan mereka. 

Kalimat di atas saya ungkapkan di dakam tulisan saya berjudul Tabloid Halo Jepang Gratis. Memang, melihat kebudayaan orang lain yang berbeda itu menarik. Perbedaan membuat kita penasaran dan tergerak untuk mempelajari dan memahaminya, bahkan pergi ke negeri tujuan yang membuat kita tertarik pada kebudayaannya.

“Mi, mau ke salju..”

Begitu kata Zaidan dan Raissa tiap kali melihat kartun berlatar pemandangan salju seperti Pororo, Masha and The Bear, dan sebagainya. Namanya juga anak-anak. Melihat keseruan perang bola salju dan membuat bola salju, tentu saja hal yang sangat menarik bagi mereka. Maklum, kita hidup di negara tropis yang tak pernah mengalami bersalju. Orang dewasa saja seringkali excited menemukan salju di negeri orang, apalagi anak-anak. Saya cuma bilang, “Boleh, menabung dulu yang banyak, jangan jajan terus, nanti tabungannya bisa dipakai untuk melihat salju.”

Siapalah saya, hanya seorang ibu rumah tangga yang senang ngeblog, sangat tak mungkin bagi saya untuk bisa pergi ke Jepang. Saya merasa cukup membaca berita ini dan itu tentang Jepang. Tapi…ada tapinya nih, kalau diberi kesempatan ke Jepang bersama keluarga, ya tidak mungkin menolak. Mewujudkan impian anak-anak liburan dan melihat salju tentu saja harapan seorang ibu.


Jepang Menarik Bagi Pelancong Indonesia

Sejak 30 tahun lalu, turis asal Indonesia tak pernah surut minat untuk bepergian ke Jepang walau negeri matahari terbit itu terkenal mahal. Menurut praktisi pariwisata dan pendiri Tourism Training Centre (TTC), Tedjo Iskandar, dari awal ia berkarir tahun 1983 sampai sekarang, Jepang selalu lebih menjual dibanding Negara lain. Padahal obyek wisata di Jepang itu-itu  saja. Tetapi Jepang memang bersih, teratur, dan makanannya enak. Pada tahun 2015 ini, diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah keberangkatan dari Indonesia ke Jepang.

Pihak Jepang juga tanggap terhadap potensi wisatawan asal Indonesia. Kebijakan pemberian visa yang lebih longgar untuk masuk ke Jepang bagi orang Indonesia, semakin membuat pelancong asal Indonesia tertarik. Termasuk saya. Selain itu, menurut saya Jepang adalah negara yang ramah terhadap muslim. Sebuah hotel di Osaka bahkan menyediakan fasilitas sajadah dan Alqur’an untuk wisatawan muslim dari Indonesia. Duuh, makin pengen ke Jepang jadinya.

Tokyo Rail Days Memudahkan Wisatawan

Wisatawan asal Indonesia makin dimudahkan jika akan berkunjung ke Jepang dengan adanya Tokyo Rail Days. Tokyo Rail Days adalah perjalanan singkat menggunakan kereta yang dimulai dari Tokyo. Penggunaan kereta untuk berbagai kegiatan dan tujuan akan lebih mudah dan hemat. Selain itu, reservasi bisa dilakukan melalui travel agen yang ada di Indonesia. 

East Japan Railway Company (JR East) adalah perusahaan yang mengoperasikan kereta api tersebut. JR East meliputi wilayah Jepang Timur termasuk Tokyo. Dalam jaringan JR EAST, ada 1.689 stasiun dan ada sekitar 16.590.000 penumpang yang menggunakan jaringan kereta api tersebut dalam satu hari. Selain bisnis kereta api, JR East menjalankan bisnis bus, monorel, hotel, dan pusat perbelanjaan.




Wisata Musim Dingin Ke Gala Yuzawa.

Saat ini di Jepang masih musim dingin. Musim dingin ditandai dengan turunnya butiran salju pertama di bulan Desember. Di beberapa daerah di Hokkaido di utara, suhunya bisa mencapai -20 derajat. Brrr, dinginnya. Musim dingin atau fuyu merupakan musim paling berat bagi orang Jepang karena mereka harus melawan suhu yang ekstrem.

Rata-rata aktivitas orang-orang Jepang di musim dingin ini adalah bermain ski, snowboard, ice skating, membuat boneka salju, serta ONSEN / hotspring (Pemandian air panas). Di musim dingin juga ada yuki matsuri (festival salju) terbesar yang diadakan di Sapporo, Pulau Hokkaido. Wisatawan dari dalam dan luar negeri berdatangan ke festival yang berlangsung selama seminggu di awal Februari itu. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1950 oleh 6 orang siswa SMA yang mengadakan lomba pahat salju kecil – kecilan. Semakin lama semakin banyak anak – anak yang berpartisipasi. Pada tahun 1955 pasukan beladiri Jepang ikut membantu membuatkan pahatan es raksasayang akhirnya membuat festival ini dikenal masyarakat luas. Tidak hanya pahatan es, dalam festival ini kita juga bisa menikmati pertunjukkan musik, kembang api, seluncuran es dan perang bola salju beramai – ramai.



Yaaa, festival salju sudah lewat. Jangan khawatir dan kecewa, kita masih bisa menikmati salju di GALA YUZAWA Snow Resort! Gala Yuzawa menawarkan paket One day Ski Fun yang berlangsung dari 10 januari sampai 30 april 2015. Ayoo, masih sempat.

Dari Stasiun Tokyo, menempuh waktu selama 77 menit ke Gala Yuzawa menggunakan Double dekker Shikansen. Gala Yuzawa adalah satu-satunya snow resort yang terhubung dengan stasiun Shinkansen!

Berikut ini adalah list harga paket One Day Ski Fun di Gala Yuzawa yang saya copas dari website Tokyo Rail Days.

Type A
One Day GALA 1
(Gondola)
Adult
US$ 129
Child
US$ 64
Package include:
  • - Return Train Ticket (Tokyo/Ueno to Echigo-Yuzawa/GALA-Yuzawa)
  • - Reserved Seat
  • - 1 Round Trip Gondola Ticket

Type B
One Day GALA 2
(play in Snow Plan)
Adult
US$ 139
Child
US$ 69
Package include:
  • - Return Train Ticket (Tokyo/Ueno to Echigo-Yuzawa/GALA-Yuzawa)
  • - Reserved Seat
  • - 1 Round Trip Gondola Ticket
  • - Ticket for rental gloves, boots, and sled rental

Type C
One Day GALA 3
(Gondola, Lift Ticket and Rental Skis OR Boards)
Adult
US$ 199
Child
US$ 99
Package include:
  • - Return Train Ticket (Tokyo/Ueno to Echigo-Yuzawa/GALA-Yuzawa)
  • - Reserved Seat
  • - 1 Day gondola & lift ticket
  • - 1 Day rental ski (a pair of ski / ski boots / ski pole) or snowboards (boars / boots)

Type D
One Day GALA 4
Gondola, Lift Ticket and Rental Skis OR Boards, Wear
Adult
US$ 224
Child
US$ 112
Package include:
  • - Return Train Ticket (Tokyo/Ueno to Echigo-Yuzawa/GALA-Yuzawa)
  • - Reserved Seat
  • - 1 Day gondola & lift ticket
  • - 1 Day rental ski (a pair of ski / ski boots / ski pole / wear / gloves) or snowboards (boars / boots / wear / gloves)

Yuk, yang mau main ski, naik gondola, membuat boneka salju, naik kereta tercepat di Jepang, belum ketinggalan untuk menikmatinya. Untuk info selengkapnya mengenai Gala Yuzawa atau JR Rail Days, anda bisa membuka websitenya di http://www.jp-rail-id.com/ atau facebooknya https://www.facebook.com/id.jprail.


Sumber referensi tulisan dan gambar:
Tabloid Halo Jepang edisi Februari 2015



berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [5]
JR East (Tokyo Rail Days) Official Website



20 comments :

  1. seru ya main salju,pingin banget ke jepun..sukses ya mak^^

    ReplyDelete
  2. kalau ke gala yuzawa enaknya yang paket D ya mak. komplit sama perlengkapan skinya.

    ReplyDelete
  3. Main ski...mauuuuuu......
    Beughhhhh makin kesini makin mupeng pgn jepang...mak nia dulu lah...aku habis ituh..amin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya mak saya dulu :D hayu atuh bareng... amiin

      Delete
  4. saya jg kepingin nyoba main ski :D
    smoga sukses mak :)

    ReplyDelete
  5. Aaakk, main saljuuu! Kalo menang ajak2 ya, mak Kania. Biaya per orang kalo didiskon asyik banget itu. Hehe

    ReplyDelete
  6. Yuki....Yuki....Yukii !!!! *belajar dikit dikit bahasa jepang* eheheh.... Aq juga mupeng banget bisa ke Jepang. Tapi, emang kudu nabung yang lumayan lama biar di sana ngga sengsara :-) Mampir ke postinganku juga ya makkk.

    ReplyDelete
  7. asyikkk bermain salju beneran di musim salju....betapa lembutnya ya Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah mak...jd gatau lembut atau gimana teksturnya

      Delete
  8. hmm Jepang memang eksotik...penginnn banget ke sanan...tapi kapan ya...hehhe semoga sukses mbak lombanya..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak kapan ya...saya juga baru sebatas mimpi

      Delete
  9. Udh siapin semuanya utk ksana ^o^.. Tak sabar nak pergi ..aku jd planning liburan ksana jg krn anakku mba. Pgn bgt main salju dan liat rumah doraemon :D. Ya udh deh, lgs bikin plan nyenengin dia :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...