Thursday, February 12, 2015

D'kandang Amazing Farm mengajak Anak Cinta Hewan dan Tumbuhan



Hari Rabu kemarin, Zaidan dan teman-teman dari sekolah berkesempatan mengunjungi D'kandang Farm. Awalnya, ketika Zaidan bilang mau outing, saya pikir ke Kandang Jurang miliknya Dik Doank. Eh..ternyata kandang yang lain.

Sekarang di sekolah memang Zaidan sedang mempelajari hewan dan tumbuhan. Dibukanya lagi buku cerita sainsnya tentang tumbuhan lalu dibaca. Trus, seringkali Tanya ada biji ngga, ingin dia tanam. Kebetulan waktu itu masih musim mangga, adanya biji manga. Jadi ditanamnya biji mangga itu di pot, disiramnya walau tak tiap hari. Sekarang sudah muncul sedikit batangnya.

Tanpa dibangunkan, Alhamdulillah Zaidan bangun sendiri pagi Rabu kemarin. Lalu berangkat jam 6 pagi ke sekolah bersama sang ayah. Saya yang khawatir dia akan bosan menunggu, karena jadwal berkumpul romobongan dari sekolah pukul 6.30. Apalagi cuaca agak mendung. Tak apa-apa biar tak terlambat, kata Zaidan. Saya bekali roti saja untuk dia sarapan, karena sarapannya di rumah baru 4 suap.

Zaidan bertopi merah sedang melihat proses menanam. Foto milik Guru Zaidan.

D’Kandang Amazing Farm adalah sebuah tempat wisata edukasi di daerah Depok yang berdiri sejak tahun 2010. Dengan konsep mengintegerasikan pertanian dan pertanian, pengunjung akan mendapat pembelajaran dengan metode yang menyenangkan. Berdiri di lahan seluas 60.000 meter persegi, dilengkapi dengan peternakan sapi perah, sapi potong, kuda, kambing etawa dan domba. Selain itu juga ada perkebunan belimbing Dewa khas Depok, jambu kristal, jambu jamaica, sayuran organik, serta aneka tanaman hias.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan dalam Wahana Peternakan dan Pertanian, misalnya memberi pakan ternak, memerah susu sapi, memberi susu anak sapi dan kambing, proses pembuatan pupuk, menanam, memetik buah dan sayur, menikmati hasil panen. Dalam wahana permainan pun tak lepas unsur edukasinya misalnya berkuda, menaiki delman kuda dan delman domba, menangkap ikan dalam kolam dan Outbound Low Impact dan High Impact.

Zaidan memberi susu pada kambing kecil. Foto milik Gruu Zaidan

Wisata edukasi ini mengingatkan saya pada tempat mengajar dulu, Sekolah Alam Bintaro. Semua fasilitas pertanian, peternakan, permainan, ada di sini juga. Mengingatkan saya juga pada masa kecil. Di belakang rumah di kampung halaman, bapak punya kebun kecil yang ditanami berbagai pohon dari mulai jambu, pisang, jeruk nipis, manga, sampai strawberry. Sayang, pohon strawberry tak bisa tumbuh subur. kalau mau lihat kambing dan memberi makan mereka, tinggal jalan ke kandang kambing saudara atau tetangga. 

Ah..masa kecil. Masa yang menyenangkan juga bagi Zaidan saat ini. Senangnya dia saat bisa melihat proses menanam tumbuhan dan menyuapi kambing kecil sebotol susu.

D’Kandang Amazing Farm menawarkan beberapa paket eduwisata antara lain; Paket Hewan: Rp 75.000/ orang, Paket Tanaman Rp 75.000/ orang (sudah termasuk Tiket Masuk, Pemandu, welcome drinks, aktifitas edukasi, bingkisan susu pasteurisasi atau yogurt), Paket Mix, Wahana bebas, Paket ketangkasan, paket kreasi (lukis tanah liat, laying-layang dan caping), dan sebagainya.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut D’Kandang Amazing Farm, bisa menghubungi kontak di bawah.

Email : dkandang@gmail.com
web : http://dkandang.co.id/ atau http://dkandang.com/
Telp : 021 7788 7138 atau 021 7788 9007
SMS/WA: 0821 257 257 74
PIN : 2A41CED3

Aktifitas paket pertanian. Sumber: dkandang.com

Aktifitas paket hewan. sumber: dkandang.com


20 comments :

  1. Dulu jaman saya kecil, melakukan hal-hal seperti itu nggak pake mbayar karena tinggalnya dikampung :)

    ReplyDelete
  2. Seru ya bisa beraktivitas ala peternak dan petani. Bagus banget buat anak-anak dibanding jalan2 ke mal. Aku juga baru tahu mak ada D'Kandang Amazing Farm..hehe ga gaul. Padahal jarak Cileungsi-Depok, ya ga gt jauh, sekitar 2 jam-an. Insya Allah direncanakan buat jadi alternatif liburan :) , Makasih ya mak kania infonta :)

    ReplyDelete
  3. Mahal juga ya mak tiket masuknya, peluk jauh untuk jagoannya yg ganteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mak..tapi itu datu paket bisa banyak kegiatan dan bisa mix..lagipula jarang2 mak...:)

      Delete
  4. Wiiih serunya, pasti bikin Zaidan senang dan betah berlama2 di tempat itu ya mbak...bagi saya yang tinggal di Denpasar tentunya harga tiket termasuk murah mbak...Denpasar mahal banget, pernah saya ke Bali Safari 3 orang hampir 1 juta habisnya bwt bayar tiket aja...duuuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw...1 juta untuk tiket aja ya mak...mmahall

      Delete
  5. wah bisa jadi referensi nih buat outing sekolahnya navaro. tfs sharingnya ya mak

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali wisata edukasinya. Saya belum pernah memberi susu pada kambing seperti itu :)

    ReplyDelete
  7. Hal2 yang sepertinya lazim di desa ternyata bisa "dijual" dan menarik buat anak-anak ya mbak.. Klo di jogja, kegiatan sprti itu biasa ditawarkan oleh desa-desa wisata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..anak2 kan lagi masa eksplorasi..semuanya menarik

      Delete
  8. Wah.. seru! Wisata edukasi yang asik buat keluarga.
    Dari dulu aku pingin juga luh nyusuin anak kambing pake dot :D

    ReplyDelete
  9. kalau perorangan juga bisa, ya, datang kesana?

    ReplyDelete
  10. Wisata edukasi akan membuat tumbuh kembangnya jiwa sosial anak terhadap lingkungan sekitarmya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...