Tuesday, January 6, 2015

Nama Bisa Merubah Pikiran Seseorang

"Kak, mau bala-bala nggak?" Tanya saya sama Zaidan sambil membuka tudung saji.
"Mm, nggak ah, maunya ayam aja." Kata Zaidan sambil melirik sekilas ke dalam tudung saji.
"Kalau pancake sayuran, mau?" Tanya saya lagi.
"Haa, pancake? mau mau..!!" Zaidan langsung mengambil satu bala-bala dari piring yang saya sodorkan.

Pada kesempatan lain..

Setelah nonton Stand By Me Doraemon -yang terputus, hiks- di Youtube, anak-anak jadi tahu nama makanan kesukaan Doraemon. Dorayaki, yang sebenarnya sama-sama pancake juga. Suatu hari, saya tuh suka iseng bikin kue seadanya bahan untuk anak-anak yang memang suka makan dan ngemil. saya campur tepung, telur, dan gula, lalu memanggang adonan itu di wajan.

"Lagi bikin apa, mi?" Tiba-tiba Zaidan muncul di dapur dan bertanya.
"Lagi bikin...dorayaki" Tetiba muncul nama dorayaki di kepala saya. Padahal sebenarnya untuk membuat real dorayaki, masih butuh madu dan baking soda (menurut resep yang saya lihat di youtube)
"Yeaaay...asiik, dorayaki. Raissa, umi bikin dorayaki!" Zaidan langsung lari dan mengabarkan berita bahagia ini pada Raissa. 
"Yeaay..dorayoki..dorayoki.." Raissa pun ikut bersorak.

Bala-bala. Maaf ya nggak pinter bikin foto bagus, tapi rasanya lumayan lah, buktinya ludesss

Emm, apalah arti sebuah nama? Sering banget kita dengar ini. Seolah, nama tak begitu penting. Namun ternyata penting. Memiliki anak tentu harus diberi nama yang pantas, karena nama itu adalah do'a dan harapan orangtua. Nama akan terus melekat pada diri anak sepanjang hidupnya. Pernah Zaidan mengadu, ingin mengganti namanya dengan nama Zeus dan yang lainnya. Lalu saya jelaskan, nama Zaidan itu nama yang bagus, mengandung do'a, artinya istimewa. Zaidan itu anak ayah dan umi yang istimewa. Zaidan juga nama seorang pemain sepakbola internasional yang hebat dan taat agama, Zinadin Zidane. Jadi, ayah dan umi ingin Zaidan seperti Zidane yang hebat dalam pekerjaanya dan taat pada agamanya. Mendengar ini, Zaidan pun tersenyum dan belum pernah lagi menyinggung tentang ganti nama.

Nama bisa menaikkan kedudukan. Bala-bala, sayuran dicampur tepung lalu digoreng, awalnya tak dilirik Zaidan. Tapi ketika ditawari pancake, Zaidan mau. Padahal ini adalah makanan yang sama. Begitu juga kue tepung panggang yang saya oles dengan susu kental manis, Zaidan lebih suka menyebutnya dorayaki. Makanan dan minuman yang sama yang ada di meja rumah kita, yang mungkin harganya ribuan rupiah saja, bisa dihargai puluhan hingga ratusan ribu di sebuah restoran atau hotel namun dengan nama berbeda. Mm, sepertinya saya harus menyiapkan nama-nama makanan keren lain kalau anak-anak lagi tak mau makan.

Apalah arti sebuah nama? Nama adalah identitas suatu bangsa. Menulis ini, saya jadi sadar, saya tak cukup mengenalkannya pada makanan asli urang Sunda, yaitu bala-bala. Zaidan lebih mengenal pancake dan dorayaki. Bala-bala, pancake, dorayaki, sebenarnya masih sodaraan. Saya tinggal menjelaskan, mereka itu tinggal di belahan dunia yang berbeda.

Buatmu, pentingkah sebuah nama?

8 comments :

  1. Pas jam makan siang, saya menawari Fatih, anak pertama saya.
    "Mau makan nasi mas?tanya saya
    "Gak mau" jawabnya
    "Kalau sego mau mas?"tawar saya lagi
    "Mau Ma. Mau sego" wajahnya langsung sumringah.
    Padahal sego itu bahasa Jawa yang artinya nasi.
    Hadeh..*panjang amat yak komennya

    ReplyDelete
  2. Yah namanya anak2 ya mbak, makanan yang disukai pasti yang keren2 namanya, mirip di kartun2 hihihi...kayaknya pengaruh kartun bagi anak2 tuh kuat bgt sampai makanan yang dimakanpun hafal bahkan ingin memakannya pula hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget mak, pengaruh kartun kuat. Maka, pilihlah kartun yang baik-baik aja ya kan mak..

      Delete
  3. Belom pernah nyobain dorayaki, Mak. Rasanya kayak apa ya? Hehe, kayaknya enakan bala-bala deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga belum sih mak kalo yang bener2 dorayaki...kalo yang saya bikin mah, forayaki KW. Mungkin seperti martabak...eh asal ya. Soalnya sama2 tepung, dikasih pengembang, telur, gula dan diisi yang satu isinya coklat susu kacang, yang satu isinya selai kacang merah.

      Delete
  4. hehehe berbeda nama namun masih agak mirip ya mak konteksnya hihiihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...