Kunci Sehat Ibu Chadidjah (92 Tahun)

Namanya Ibu Chadidjah Darto Soedarmo, asal Bukittinggi. Ibu empat orang putra dan tujuh orang cucu ini berusia 92 tahun. Namun beliau masih sehat dan bugar. Beliau mampu berjalan tanpa dipapah, bisa membaca tanpa kacamata, dan memiliki ingatan yang masih sempurna. Bahkan beliau mendapat gelar S1 Bahasa Inggris di usia 50 tahun!

Kunci sehat beliau ada 4, yaitu:


  • Disiplin
Ibu Chadidjah disekolahkan di sekolah Belanda. Ia mendapat mendapat kebiasaan menjalani hidup yang sangat disiplin. Di sekolah diajarkan tidak boleh berbohong, harus ontime, dan tidak boleh mencontek.

  • Teratur
Sesibuk apapun, Ibu Chadidjah tidak melewatkan makan. Pagi hari beliau minum susu, roti, dan buah. Siang, nasi lengkap dengan lauk pauk. Malam, sama dengan makan pagi. Beliau tidak suka jajan dan cukup istirahat (tidur). Berat badan beliau dari dulu 49 kg. lebih dari itu, beliau merasa sangat berbeda.

  • Agama
Setiap hari beliau membaca Alqur’an sebanyak 1 juz dan memahami artinya. Meja makan beliau akan berubah fungsi sebagai tempat pembelajaran Alqur’an. Jika hari ini beliau tertinggal, beliau akan mengejar ketinggalan bacaannya esok hari. Bagi Ibu Chadidjah, membaca Alqur’an seperti berkomunikasi dengan  Allah SWT.

  •  Pergaulan
“Silaturahmi mengandung kesehatan dan dianjurkan agama.” Kata beliau. Ibu Chadidjah masih aktif dalam enam arisan dan pengajian. Beliau prihatin dengan anak-anak sekarang yang dekat dengan gadget dan melupakan silaturahim.

Foto Ibu Chadidjah saya ambil dari Majalah Noor
Subhanallah. Saya hanya bisa berdecak kagum dan berharap bisa meneladani beliau. 92 tahun tentu usia yang sangat istimewa. Saya bisa melihat anak saya bekerja dan berkeluarga. Usia saya setengah jalan dari beliau pun tidak. Tapi rasanya masih banyaaaak yang harus diperbaiki. Saya harusnya malu dan lebih semangat dalam segala hal. Mudah-mudahan dengan mengenal beliau (lewat majalah yang saya baca) saya semakin termotivasi melakukan segala pekerjaan dengan tetap semangat dan sesuai kemampuan, seperti kata beliau.

Sumber referensi dan foto: Majalah Noor Vol IX Thn XII/2014

Comments

  1. Hidup seimbang, banyak silaturahmi,ibadah, dan sedekah bisa memperpanjang umur dan sehat ya Jeng.
    Terima kasih artikelnya yang menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 pakde. Pakde juga keren, tetap semangat dan berkarya. Makasih loh suka ngomporin nulis di grup..:)

      Delete
  2. setiap i hari membaca Quran 1 juz...saya rasa itulah yang membuat hidup bu Chadijah sehat bahagia hingga kini.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  3. oalaaahh...kirain mbaknya wawancara sendiri, hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Rekomendasi Homeschooling Terbaik Untuk Solusi Belajar Anak

Bermain Kartu UNO

Usia Nanggung Bikin Bingung (Memutuskan Kapan Anak Akan Sekolah)

Biaya Masuk SMP Islam di Tangerang Selatan

Berendam Air Panas di Grage Hotel & Spa Kuningan