Monday, October 20, 2014

Oleh-oleh Lombok


Minggu kemarin, ayahnya anak-anak mendapat tugas dinas ke Lombok. Wuih, saya langsung ngiler dan ingat cerita-cerita sahabat blogger tentang keindahan Lombok. Pantainya, Gili Trawangan, dan yang lainnya. Sayang, Zaidan sekolah. Kami tak bisa ikut ke Lombok. Memang bukan rejeki kami. Toh, ayahnya juga ke sana dalam rangka tugas. Tapi, walau tak ikut ke Lombok, Alhamdulillah kami masih kebagian oleh-oleh Lombok.

Buat sahabat blogger yang penasaran, apa saja oleh-oleh dari Lombok. Ini saya tulis daftar oleh-oleh Lombok yang bisa didapatkan jika kita jalan-jalan ke sana.


1. Dodol Rumput Laut
Tak seperti dodol umumnya yang sangat manis, dodol rumput laut khas Lombok terasa manis segar. Dodol rumput laut khas Lombok terbuat dari tepung rumput laut, gula serta buah-buahan segar. Terdapat beragam pilihan rasa buah, seperti nangka, mangga dan sirsak. Dodol terasa manis dan kenyal di lidah. Selain rasa buah, terdapat pula rasa sayur dan jagung.

 (Sumber gambar dari sini)

2. Madu Sumbawa
Sumbawa, wilayah yang termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu Sumbawa pun bisa didapatkan di Lombok. Ada dua jenis madu yang dijual, yakni madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan serta madu putih yang berasal dari lebah yang hidup di karang-karang putih. Madu putih dipercaya bisa mengobati penyakit saraf. 

3. Mutiara
Mutiara Lombok sudah sangat dikenal bahkan dijadikan ikon nasional Pulau. Kita bisa menemukan berbagai jenis dan kualitas mutiara dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan hingga jutaan per gram. Mutiara Lombok ini adalah mutiara laut, bukan mutiara hasil budidaya air tawar. Pada umumnya mutiara laut harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan mutiara hasil budidaya air tawar. Harga per gram mutiara hasil laut biasanya mencapai ratusan ribu dan bahkan bisa jutaan rupiah dan itupun belum terhitung rangkaian logam mulia tempat melekat mutiara tersebut, sedangkan mutiara air tawar biasanya sangat murah dengan dijual perbiji maupun sudah dalam bentuk perhiasan.

4.Kain Sasak
Semakin halus dan bagus motifnya, semakin mahal pula harganya. Ada kain batik sasak yang bisa dijadikan kemeja, syal, sarung, dan phasmina. Motifnya cukup simpel dan menarik, bahannya pun halus. Kain lain hasil tenun tangan dengan benang emas dijual dengan harga lebih mahal. 

5. Kaos Lombok
Kaos Lombok bisa menunjukkan kita pernah ke tempat dengan pantai eksotis ini. Harga kaos Lombok mulai Rp 25.000. Tersedia dalam berbagai warna dan gambar sablon. 

6. Susu Kuda Liar
Susu yang belakangan dikenal dengan Susu Kuda Sumbawa jumlah produksinya terbatas sehingga tidak mudah untuk dijumpai di daerah lain. Susu ini dapat disimpan dalam suhu kamar sampai 5 bulan karena dihasilkan dari kuda liar asal pulau Sumbawa yang bebas dari pengaruh bahan kimia sintetis, mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika. Susu kuda liar banyak mengandung prebiotik alami sehingga mampu menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan, serta mengatasi berbagai penyakit yang muncul pada saluran pencernaan seperti typhus, kolera, disentri juga TBC, leukimia dan tumor. Susu yang memiliki rasa asam ini diperoleh dari kuda yang hidup secara ekstensif atau dibiarkan secara liar di alam yang berkeliaran di lereng Gunung Suromandi, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. 

7. Minyak Gosok Sumbawa
Minyak gosok Sumbawa terbuat dari akar lawang serta 44 macam akar dari berbagai tumbuhan yang berkhasiat yang dibuat hanya setahun sekali pada saat bulan Ramadhan. Minyak ini memberi kehangatan dan bau yang khas untuk menyembuhkan pegal-pegal, keseleo, meringankan derita rematik dan penyakit otot lainnya. Minyak gosok Sumbawa ini biasanya tersedia dalam beragam ukuran. 

8. Ukiran dari Cukli
Cukli merupakan kerajinan menempelkan kulit kerang dan dan mutiara kepada berbagai jenis barang yang terbuat dari kayu, seperti meja dan kursi.


9. Kerajinan Gerabah Lombok
Kerajinan Gerabah Lombok adalah jenis kerajinan lombok yang dibuat dari tanah liat kemudian dikeraskan dengan di bakar. Bentuk Gerabah ini macam-mcam ada yang berbentuk gentong, piring, kelas, asbak dan masih banyak lagi. Warga desa banyumulek Kediri Lombok Barat memang rata-rata pengerajin gerabah, kerajinan ini sudah menjadi bisnis rumahan bagi masyarakat sekitar.

10. Telur Asin Lombok
Telur asin bakar lombok dibuat khas dengan cita rasa telur bebek pilihan yang diolah secara alami dan tradisional. Pembakaran menggunakan pasir merica yang membuat telur asin bakar minim kandungan air dan rendah kolesterol.
 telur-asin-lombok
 (Sumber gambar dari sini)

Masih banyak oleh-oleh lain yang bisa didapatkan di Lombok. Namanya juga jalan-jalan, pasti tak enak kalau tak membawa oleh-oleh untuk orang yang disayang di rumah. Tapi tentu saja, harus bijak dalam belanja. Perhitungkan kemampuan kita dalam belanja oleh-oleh. Jangan sampai pulang ke rumah, uangnya sudah habis. Tetap belanja dengan bijak ya. Kalau memang banyak oleh-oleh yang ingin dibeli, menabung dulu yang banyak sebelum berangkat. 

Sumber referensi:
  

7 comments :

  1. Dulu waktu suami dari Lombok aku dibeliin dodol rumput laut sm gelang mutrianya.
    Dodolnya emank enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngarep dodol dapet mutiara..(emak hobi ngemil ga hobi dandan :P)

      Delete
  2. kepo sama dodol rumput lautnya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Saya ingin sekali ke Lombok
    Ke Bali baru dua kali
    Terima kasih artikelnya yang menarik
    Jangan lupa ikut kuisku ya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah ke Bali aja belum pakde..

      Delete
  4. Saya dibawain dodol rumput laut, kaus, dan gelang mutiara waktu ayah saya pulang dari Lombok. Itu dodol yummy banget. Sukaaaaa. Ada yang jual online nggak ya he he.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...