Saturday, October 18, 2014

Niatnya apa sih?

Hari Jum'at kemarin adalah jadwal Zaidan les FAHIM Qur'an. Seperti biasa, saya pun mengantarnya ke mesjid dan sekalian shalat Maghrib berjamaah. Lesnya baru akan dimulai setelah shalat Maghrib.

Allaahu akbar. Saya takbir dan bersidekap. Tak lama kemudian, ada serombongan ABG datang dan berjejer di samping kiri saya, mungkin usia kelas 2 atau 3 SMP. Wangi sekali. Saya bisa mencium entah parfum atau deodorant dari tubuh mereka. Tuh, saya jadi tak konsentrasi. Sambil mengobrol macam-macam, mereka menaruh mukena dan pergi ke toilet untuk berwudhu.Setelah wudhu, mereka mengenakan mukena dan bersiap shalat. Seorang ABG bertanya pada temannya, "Niatnya apa sih?"

Saya tak ingin menghakimi siapa pun karena saya sadar saya pun jauh dari sempurna. Kemampuan dan kesempatan belajar seseorang berbeda-beda. Saya hanya ingin berkaca. Saya bersyukur sewaktu kecil bapak dan ibu cukup keras mendidik dalam hal ibadah. Sewaktu kecil, saya belajar shalat dan Alqur'an di mesjid kecil tempat bapak memimpin shalat. Zaidan pun belajar shalat dan Alqur'an di mesjid dekat rumah dan di sekolahnya. Saya bersyukur sewaktu saya usia ABG (kayaknya sih) sudah hafal bacaan shalat dan seiring usia bertambah terus mencari tahu bagaimana ibadah yang betul, kalau perlu mencari tahu arti bacaan shalat agar lebih 'mesra' ketika menghadap-Nya saat shalat.

Saya mengacungi jempol para ABG itu yang mau shalat berjamaah di mesjid, meramaikan mesjid. Semoga pengetahuan mereka tentang ibadah semakin bertambah. Semoga Allah SWT memelihara kami sekeluarga dari lupa sehingga kami beribadah dengan maksimal. Semoga kami semua tak henti mencari-Nya dalam setiap urusan.

Semangat weekend! 

(Sumber gambar dari sini)





4 comments :

  1. Aneh ya, kenapa harus bertanya niatnya apa :D
    padahal niat itu letaknya di hati tinggal niatkan saja di dalam hati sesuai apa yang akan dilakukan
    kenapa malah nanya, hehe

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  2. Bagaimanapun mereka pergi ke masjid udah bagus ya mak :) Mudah-mudahan Allah kasih bimbingan buat para remaja itu supaya jadi generasi shaleh / shalehah, aamiin.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...