Cerita Berantai

Akhir-akhir ini Zaidan sedang menyukai sebuah permainan bernama Cerita Berantai. Cara bermainnya, saya membuat satu kalimat lalu Zaidan melanjutkannya dengan kalimat yang lain. Saya buat lagi kalimat untuk melanjutkan cerita, lalu giliran Zaidan. Begitu seterusnya, merangkai sebuah cerita. Bagian yang menantang adalah bagaimana agar kalimat yang kita buat berhubungan dengan kalimat sebelumnya. Bagian yang seru adalah jika kita sudah sedemikian bingung dan akhirnya kalimat yang dibuat jadi tak berhubungan. Gelak tawa pun membahana.

Entah kapan saya pernah memainkan permainan ini. Mungkin SMP atau SMA saat pelajaran Bahasa Indonesia. Entahlah, lupa. Kalau permainan Pesan Berantai sudah sering dilakukan sejak SD saat pramuka atau kegiatan pelatihan-pelatihan. Pesan berantai adalah permainan kekompakan dan ketelitian dalam menerima pesan. Peserta permainan berbaris. Peserta pertama akan menerima pesan lalu disampaikan ke peserta di belakangnya. Pesan yang sampai ke peserta terakhir harus sama, jangan sampai berubah satu kata pun.

Permainan cerita berantai ini bisa mengasah kemampuan anak dalam berbahasa, membuat kalimat, kreatifitas, dan berimajinasi membuat rangkaian cerita. Lumayan, kegiatan ini bisa jadi penghibur di saat Zaidan jenuh belajar menghadapi buku.


Comments

  1. anak-anak suka punya ide yang macam-macam ya mak, tapi bagus itu artinya kreatifitas anak-anak makin berkembang, tinggal kita sebagai orang tua wajib mendukung dan mendorongnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak...orangtuanya juga harus kreatif biar anak ga bosen

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com