Friday, June 13, 2014

Makanan Untuk Meningkatkan Penglihatan

Berkaitan dengan tulisan saya sebelumnya, Oh Mataku, saya kini berusaha untuk rutin sarapan buah setiap pagi. Bukan hanya untuk mata sebetulnya. Untuk kesehatan jasmani seluruhnya.

Bangun pagi, saya minum air hangat yang diberi perasan jeruk nipis. Dilanjutkan dengan buah. Seringnya sih dibuat jus. Salah satu gigi saya di kanan bawah ada yang bolong. Kalau sisa makanan nyangkut, duh sakitnya. Senut-senut. Mau ke dokter, lagi-lagi takut. Pasti harus dicabut. Sedangkan dua gigi saya sudah dicabut duluan. Akhirnya, cuma minum obat sakit gigi kalau sakit, sering kumur-kumur pakai air hangat yang mengandung garam atau jeruk nipis, dan menjaga gigi agar tak terlalu keras bekerja. Kalau perlu makan yang lunak-lunak saja. Duh, sudah kayak oma aja saya.

(Ilustrasi dari sini)

Nah, kemarin-kemarin saat lagi blogwalking, saya menemukan artikel tentang makanan yang meningkatkan penglihatan. Ini link-nya: http://healthytavern.com/top-food-to-improve-your-eyesight/

Menurut artikel itu, makanan yang bisa meningkatkan penglihatan antara lain:

Bayam, mengandung antioksidan lutein yang bisa membuat mata terlihat muda.
Wortel, mengandung beta karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Sangat baik untuk penglihatan di malam hari.
Kacang dan alpukat, merupakan sumber vitamin E yang mengandung nutrisi untuk kesehatan mata.
Buah jeruk, paprika, brokoli kaya akan vitamin C, yang dapat mencegah terjadinya katarak, memperkuat kapiler darah dan membuat mata beristirahat dan tidak rentan terhadap infeksi.
Ikan biru dan biji rami, mengandung omega 3 asam lemak esensial yang melindungi mata dari kekeringan, kelelahan, dan kemerahan.
Teh hitsm, anggur merah dan bawang, mengandung antioksidan quercetin. Kalau anggur yang sudah difermentasi dan mengandung alkohol tentu sebagai muslim saya tak bisa mengkonsumsinya.
Blueberry, mengandung vitamin C, beta karoten, dan anthocyanin untuk mata cerah dan meningkatkan penglihatan di malam hari.

(Ilustrasi dari sini)

Semoga bermanfaat ya.

2 comments :

  1. Mak Teh Hitsm itu apa ya? Hitam kali ya maksudnya :p Ternyata banyak ya mak makanan yg bagus untuk mata..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...