Tuesday, June 17, 2014

Bongkar Pasang

"Mi, ganti bajunya..pasangin."

Sedetik kemudian, "Yang ini aja ya bajunya."

"Mi, sepatunya ganti ya.."

"Tasnya pakein, mi.."

Tebak Raissa lagi apa? Ya, Raissa lagi main bongkar pasang (BP). Itu tuh, gambar orang laki-laki dan perempuan dari kertas lengkap dengan baju-baju dan perlengkapan lain seperti tas, sepatu dan yang lainnya. Cara mainnya, dibongkar dan dipasang perlengkapannya. Makanya namanya bongkar pasang.


Waktu saya kecil, saya menyebut mainan ini cerita-ceritaan. Karena saya bisa bercerita apa saja menggunakan mainan tersebut. Biasanya saya asyik main sendiri atau bersama teman.

Bongkar pasang ini saya dapat dari paket jelly yang kami beli. Duh, jadi teringat masa kecil saat saya melihatnya. Dulu saya membelinya di mamang penjual mainan yang lewat depan rumah.

Mainan murah meriah ini lumayan menghibur dan mengembangkan imajinasi. Saya sebagai orangtua bisa mendadak jadi pendongeng atau bahkan memasukkan pendidikan akhlak saat bercerita. Seperti saat saya bertanya pada Raissa, kenapa gadis kecil BP ini tidak pakai baju, kan malu auratnya kelihatan. Raissa menjawab bahwa dia mau berenang. Saya bilang lagi, setelah berenang segera pakai baju biar tak kedinginan.

"Yuk, sekolah sekolah nendong.."

Saya terkikik saat Raissa memakaikan baju si perempuan kecil dari mainan BP lalu melangkah pergi seolah hendak sekolah.


"Loh, kok sekolah digendong. Kalau mau sekolah jalan dong. Kan nanti malu, teman-teman semua jalan.."

"Ah umi, kan ga bisa jalan.."

"Oh ya, kalau begitu dia dipegang aja. Siapa sih namanya?" Tanya saya sambil menunjuk si gadis kecil mainan BP.

"Ga tau.." jawab Raissa

"Princess?" Saya coba beri bantuan. Soalnya penampakan gadis kecil mainan BP itu seperti puteri, memakai tiara.

"Ya, permeses.."

Hihi, Raissa masih sulit mengucapkan princess. Malah mengingatkan saya sama meises, si coklat taburan buat roti. Ya sudahlah, rapopo. Mari bermain dan bercerita lagi....

6 comments :

  1. Hiyyyaaaa mainanku dulu itu mbk tp dulu g cantik2 kyk skrg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah terpengaruh barbie Kali ya mba jadi dibuat secantik barbie..:)

      Delete
  2. Wahhh mainanku dulu mak Kania...sy sp punya sebesek ( kotak dr anyaman bambu ) itu lho...
    Setiap ada ganti model pasti beli....seruuuuu banget klo sdh main beginian....hehe...masih ada ya ternyata.....selamat bermain dede' Raissa....ditemani tte ya...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada mak, tapi kayaknya jarang ya

      Delete
  3. Ahhh mainan aku juga... seringgg banget beli saat pulang sekolah. Terus karena sudah bisa baca dan menulis belakangnya diberi nama. Baju-baju juga, di golongkan baju pesta, baju santai dan sebagainya hihihii lucu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..dikasih nama gitu aku juga mak..seru ya

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...