Monday, May 5, 2014

Dengan Aplikasi Anak Cerdas, Belajar Tak Seperti Belajar

"Kakak, kok kuat sih tak tidur siang? Maiiiin aja dari pagi.." Tanya saya suatu sore di hari libur. "Hehe...iya, soalnya enak main..." Jawab Zaidan sambil tertawa.

Saya geleng-geleng kepala. Saya saja udah lemes begini diajak si kecil dan kakaknya main dari pagi. Biasanya kalau tak kemana-mana di hari libur, kita main sebentar di lapangan depan rumah lanjut main di dalam rumah. Dari mulai main balok, menggambar, gadget sampai kejar-kejaran ala Tom and Jerry.

(Beginilah Suasana kamar saat Zaidan dan adiknya main, seperti kapal pecah :D)

"Kakak, belajar yuk..!" Tanya saya di kesempatan lain setelah shalat magrib. Saya memang membiasakan di hari sekolah setelah magrib, Zaidan mengaji dan membaca buku pelajaran sekolah agar tidak terlalu keras belajar saat akan menghadapi ujian.

"Aahhh..." Zaidan langsung merengut, tandanya ia masih ingin main dan enggan belajar. Belajar bagi dia artinya duduk dan menghadapi sebuah buku. Ketika saya tanya kenapa tak mau belajar, jawabnya adalah cape. Saya geleng-geleng kepala lagi. Bagaimana nggak cape, mainnya lompat-lompat, lari-lari dan jerit-jerit. Ajaibnya, kalau membaca buku yang ia suka atau baca buku sebelum main gadget, ia justru semangat (syarat yang harus dipenuhi setiap Zaidan ingin main gadget adalah membaca buku atau Alqur'an sekian halaman).

(Zaidan saat membacakan buku untuk adiknya)

Ya, saya masih harus banyak belajar untuk tidak terlalu kaku dengan kata 'belajar' dan memperbanyak wawasan agar belajar bisa dilakukan sambil bermain.

Suatu hari, saya mendapat informasi di internet bahwa ada sebuah aplikasi yang dapat membantu anak belajar. Namanya, Aplikasi Anak Cerdas. Yang saya lakukan untuk mendapat aplikasi tersebut adalah:

- Membuka website anakcerdas.co
- Klik tulisan 'Google Play' untuk mendapat Aplikasi Anak Cerdas melalui Google Play Store sehingga muncul tampilan berikut:

- Klik 'Sign In', masukkan email dan password kita.
- Klik install, isikan data yang diminta. Jika sudah muncul tulisan 'installed', berarti Aplikasi Anak Cerdas sudah ter-install.

Mudah kan? Oh ya, Aplikasi Anak Cerdas ini hanya bisa di install pada gadget yang memiliki spesifikasi:
- Gadget minimal memiliki OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)
- Tablet dan smartphone Android dengan layar minimal 4.7 inch
- RAM gadget minimal 512MB
- Kapasitas penyimpanan minimal 1GB
- Koneksi internet dibutuhkan untuk aktivasi awal, pendaftaran pengguna, download update dan membaca Dunia Tekno.

untuk memulai penggunaan aplikasi, kita bisa melihat menu Panduan dan Pengaturan pada aplikasi. Setelah menu Panduan di-klik, akan muncul tampilan berikut:


Sedangkan pada menu Pengaturan, tampilannya setelah di-klik seperti ini:

(Contoh laporan penggunaan gadget. Kalau Zaidan Sudah punya gadget sendiri, penggunaannya bisa dipantau dan tampilan laporannya seperti ini)

"Kakak, belajar yuk!" Ajak saya. "Aaaahhh.." reaksi Zaidan seperti biasa ketika mendengar kata belajar. "Belajarnya pake Aplikasi Anak Cerdas.." Kata saya sambil menunjukkan cara menggunakan aplikasi tersebut. Zaidan langsung antusias melihat aplikasi tersebut di smartphone saya. Tentu saja, karena Zaidan penyuka gadget dengan berbagai games di dalamnya.

Pernah suatu Kali saat pulang kampung, Zaidan pinjam handphone neneknya untuk bermain games. Ketika neneknya Akan menelepon, beliau heran karena pulsanya habis. Padahal beliau baru isi pulsa dua hari lalu. Ternyata, Zaidan telah mengunduh beberapa games sehingga pulsa handphone neneknya yang berjumlah seratus ribu lebih melayang. Duh! Dikiranya di rumah sendiri yang bebas berselancar karena ada fasilitas wifi.

Pertamakali masuk ke aplikasi Anak Cerdas, Zaidan akan menemukan tampilan seperti ini.
(Ilustrasi dari acerid.com)
(Zaidan mau berlatih menjawab soal dengan Aplikasi Anak Cerdas)

Karena saya sudah mengaktifkan Zona Anak, maka Zaidan hanya bisa mengakses menu Mari Bermain dan Latihan Yuk! saja. jika Zaidan ingin memilih menu yang lain, Zaidan perlu password orangtua. Inilah istimewanya Aplikasi Anak Cerdas, orangtua tak perlu khawatir anak akan melihat permainan atau Aplikasi yang tidak sesuai untuknya.

Zaidan menekan fitur 'Latihan Yuk!' dan tampillah profil Zaidan. Latihan Yuk! berisi ribuan kumpulan soal latihan Matematika, Sains, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk anak kelas 1-6 SD. Kontennya sesuai dengan kurikulum sekolah nasional. Aplikasi Anak Cerdas juga akan menyiapkan latihan untuk soal ujian akhir agar anak bisa berlatih lebih baik. Tiap mata pelajaran terdiri dari sejumlah level dan badge hadiah yang bisa dimenangkan.

Zaidan meng-klik profilnya dan muncul empat mata pelajaran yang akan dilatihnya. Zaidan memilih Sains. Dengan asyik dan sesekali bertanya pada saya apa maksud soal, Zaidan menjawab soal-soal latihan dengan semangat. Setelah menjawab semua soal, aplikasi akan menawarkan untuk 'periksa kembali' jawaban atau 'kumpulkan' jawaban. Zaidan memilih 'kumpulkan' dan nilai Zaidan 19/20 artinya 19 jawaban benar dari 20 soal. Not bad, Zaidan sudah berusaha.

(Ilustrasi dari acerid.com)
(Foto Zaidan muncul Sebelum menjawab soal)

Oh ya, di bawah soal jawaban ada gambar kunci. Jika gambar itu di klik, akan terlihat jawaban soal dan pembahasannya. Walaupun sudah ada kunci jawaban, kita sebagai orangtua atau guru atau kakak yang membimbing anak belajar hendaknya memeriksa kembali jawaban dan pembahasan soalnya. Pada saat menjawab soal matematika, Zaidan merasa sudah menjawab soal dengan benar. Tapi dia kecewa karena nilainya kecil. Ketika saya periksa, ada soal yang pembahasannya tidak sesuai dengan jawaban sebenarnya. Menurut saya jawaban Zaidan sudah benar, tapi ternyata menurut aplikasi belum benar. Misalnya yang ini:



Semoga ini dapat menjadi bahan pertimbangan agar Aplikasi Anak Cerdas lebih baik lagi karena Aplikasi ini sangat membantu orangtua dalam mengatasi masalah belajar anak. Seperti Zaidan, karena dia penyuka gadget belajar menjawab latihan soal dengan Aplikasi Anak Cerdas jadi tak seperti belajar baginya. Melainkan seperti dia memainkan games kesukaannya. Menyenangkan dan tentunya aman.

Menu Mari Bermain berisi ratusan pilihan game, aplikasi edukasi dan e-book yang direkomendasikan untuk anak usia 6-12 tahun. Beragam menu ini akan mengasah keterampilan berfikir dan berkreasi anak. Tapi tentu saja, walau begitu main gadget harus tetap dibatasi agar matanya tidak rusak. Zaidan sendiri untuk menu Latihan Yuk!, saya berikan tiap hari. Untuk bermain games hanya diberikan jika Zaidan sudah membaca buku, mengaji, dan menyelesaikan pekerjaan hariannya seperti mandi sendiri, simpan tas dan sepatu ke tempatnya, dan lain-lain.


Kita juga akan mendapat wawasan teknologi pada menu Dunia Tekno. Berbagai artikel dapat kita baca misalnya bagaimana agar tidak pegal saat main tablet, memilih smartphone sesuai kebutuhan, tips Berteman di jejaring sosial dengan aman, dan sebagainya.


Aplikasi Anak Cerdas sudah didownload hampir 2000 kali sejak dirilis di halaman Google Play. Anak Cerdas akan diperbarui secara berkala dengan konten dan fitur menarik lainnya. Yuk, download aplikasi Android Anak Cerdas secara GRATIS di Google Play Store. Kini, saya tidak perlu khawatir lagi saat Zaidan asyik bermain dengan gadget, karena ada aplikasi Anak Cerdas yang membuat belajar jadi lebih menyenangkan.

Tulisan diikutsertakan dalam Lomba Review Aplikasi Anak Cerdas Kerjasama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia.


Keterangan: sebagian ilustrasi dan data dari acerid.com

14 comments :

  1. Bener bgt mbak, aplikasi anak cerdas merupakan pilihan ibu bijak, karena didalamnya berisi game yang mengasah otak anak dan latihan soal yang jumlahnya cukup banyak. Rasanya gak rugi klo anak kita main aplikasi ini.
    Sukses untuk lombanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak zaidan latihan soalnya pake ini..kebetulan latihan soal dari buku aekolahnya juga udah dikerjakan.semua

      Delete
  2. sy juga sudah menggunakannya untuk si kecil saya :) btw, sukses mak kontesnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mak.aukses juga buat mak Rina..

      Delete
  3. semoga zaidan jadi makin pinter ya :-)

    ReplyDelete
  4. Aamiin..makaaih tante Ela smoga ismail, sidiq dan.dd bayi juga makin pinter..

    ReplyDelete
  5. Aplikasi yang seru dan bermanfaat buat anak-anak. Mereka pasti suka. Sukses lombanya, Mak. ^^

    ReplyDelete
  6. Zaidan seneng ya dengan Aplikasi Anak Cerdas?
    Semoga menang ya Mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..senang nya main gadget emang..jadi Anak Cerdas lumayan Bantu belajarnya

      Delete
  7. Wah senangnya adek Zidane :) sukses untuk GAnya yaaa..Mak :)

    ReplyDelete
  8. Seruuu...banget nih jagoannya bermain, eh belajar juga...tambah pinter yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mak..bermain sekaligus belajar..:)

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...