Posts

Showing posts from March, 2014

Anakku, Jalan Masuk Surga Untukku

Image
Anak-anakku...
Betapa inginnya aku, dirimu menjadi penghafal Al Qur'an..
Karena aku ingin Dia memakaikan mahkota kepadaku dan suamiku di hari kiamat..
Sebagaimana hadist Rasul:

"Barangsiapa membaca Al Qur'an dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya, maka Allah memakaikan mahkota kepada kedua orangtuanya di hari kiamat. Sinarnya lebih terang daripada sinar matahari di rumah-rumah dunia, lalu bagaimana dengan yang mengamalkan ini?" (HR. Abu Dawud dan Al Hakim)

Aku sadar usahaku tak cukup banyak untuk membimbingmu..
Aku hanya bisa tertatih menuntunmu sambil memegang tongkat doaku..

Anak-anakku..
Betapa inginnya aku, Setelah aku meninggal, tabungan amal ibadahku terus terisi...
Sebagaimana hadist Rasul:

"Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya." (HR. Muslim 1631, Nasai 3651)

Aku sadar aku pun tak cukup solehah untukmu..
Aku hanya bisa memohon maaf jika …

[Giveaway] Dongeng-dongeng Favorit Dunia

Image
Salah satu buku dongeng favorit Zaidan dan Raissa adalah buku berjudul Dongeng-dongeng Favorit Dunia. Ilustrasinya dibuat oleh Van Gool dan diterbitkan oleh Lava Book. Bukunya hard cover dan disertai iluatrasi yang menarik tiap halaman. Sayang, huruf-hurufnya terlalu kecil untuk anak yang sedang belajar baca.

Ada tiga dongeng dalam buku ini yaitu:

(Buku ini dibeli saat Zaidan usia batita. Sekarang Raissa bisa turut baca. Sampulnya Sudah sobek. Judul yang kelihatan ada di halaman dalam)

Satu: Tiga Anak Babi

Ada tiga ekor anak babi yang sedang membuat rumah. Anak babi kesatu membuat rumah dari jerami. Yang kedua rumahnya terbuat dari kayu. Dan anak babi ketiga membuat rumah dari batu bata. Lalu datang seekor serigala yang ingin makan anak babi. Ia meniup rumah jerami sampai hancur. Rumah kayu juga ditiupnya beberapa kali sampai hancur. Sedangkan rumah bata sangat kuat sehingga tak hancur ditiup serigala. Serigala yang lapar masuk lewat cerobong asap. Naasnya, ketik turun dari cerob…

Training dan Outbound? SPIRIT Enterprise Group saja...

Image
"Zaidan, Hebat ya Sudah bisa Flying Fox. Gimana rasanya? Menyenangkan?"
"Ya, seneng.."
"Nangis nggak?"
"Nggak, temenku ada yang nangis.."
"Good boy!"

Percakapan di atas terjadi saat Zaidan berusia empat tahun-an, saat dia masih di bangku TK. Saat itu dia mengikuti kegiatan outbound dari sekolahnya. Saya Sudah khawatir saja dia akan menangis dan ngamuk-ngamuk. Saya tidak bisa ikut Serta kegiatan tersebut karena saya sendiri saat itu harus mendampingi murid-murid SD saya di sekolah lain. Sedih rasanya, soalnya ibu-ibu lain menemani anaknya sampai tempat outbound, menyaksikan dan menyemangati anaknya.

Pernah suatu saat anak saya pentas di panggung, saya hanya bisa mengantarkan dan menitipkannya pada bu guru. Seorang ibu berkata, "Kasihan anaknya tak ditemani saat mau pentas..." Ah, andai dia tahu saya juga punya tanggung jawab yang lain. Saya hanya bisa berkata bahwa saya Sudah ditunggu di tempat kerja. Saya yakin guru juga tak…

Pesantren? Sering Dengar Sih..

Image
Pesantren? Sangat akrab di telinga, tapi tak begitu mengenal apa yang ada di dalamnya. Saya dan pesantren bagaikan dua orang berdiri berdampingan, saling kenal, namun sebatas itu dan tak tahu kedalaman hati masing-masing. (Ilustrasi dari www.wikipedia.org)
Pesantren, di mata saya dapat disimpulkan dari sembilan kalimat berikut: P=Panggilan muridnya adalah santri.
E=Eh..santrinya jago bahasa Arab dan Inggris loh!
S=Sarung+kopiah seragam santriwannya.
A=Ada pesantren modern dan tradisional.
N=Ngantri nih mandinya...
T=Terkena penyakit kulit sudah biasa di pesantren..ups!
R=Rada jarang ketemu keluarga, hiks!
E=Eh..tapi disiplinnya bagus loh di pesantren.
N=Nanti kalau udah lulus biasanya jadi ustad/ustadzah.Tentu saja ini hanya pendapat pribadi berdasarkan riset terbatas yang mungkin saja sangat ngaco. Namun, terlepas dari pendapat saya yang negatif yang belum tentu benar, saya memiliki cita-cita menyekolahkan anak saya di pesantren. Nanti, selepas SD atau SMP. Saya ingin dia bela…

Menyiapkan Anak Laki-laki Akil Baligh

Image
Senyuman di bibir setiap ibu adalah rasa syukur atas anak-anak yang sehat...
Air mata di tiap pipi ibu adalah haru karena anak yang berbakti...
Kerutan di kening setiap ibu adalah rasa khawatir anaknya berbuat salah...


Saya, memang bukan ibu sempurna. Saya miskin ilmu dan pengalaman dalam mendidik anak. Saya selalu khawatir apa bekal yang saya siapkan cukup untuk mereka meniti jalan berliku di depan sana.

Salah satu yang saya dan semua ibu khawatirkan adalah pengaruh media khususnya internet yang sekarang mudah diakses anak-anak. Zaidan dan Raissa sudah pintar mengotak-atik handphone saya atau ipad ayahnya. Raissa senang lihat kartun di Youtube. Ada saat dia suka Masha and The Bear, Peppa Pig, Poroto, kartun anak muslim, dan sekarang lagi suka nonton Upin Ipin. Sampai kadang dia keceplosan Bahasa Melayu.

Suatu hari saat Raissa sedang nonton kartun, kadang saya menyempatkan menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Tapi..kok tiba-tiba suara kartunnya tidak ada ya. Ketika saya ten…

My Unforgettable Journey: Toa Payoh dan Paris dalam Kenangan

Image
Inilah #MyUnforgetableJourney yang detilnya rada-rada lupa. Padahal baru empat tahun yang lalu. Huhu..Usia bertambah, memori menipis. Padahal waktu itu saya sudah punya blog, hanya saja belum dimanfaatkan untuk menulis dengan maksimal. Andai langsung dituliskan pasti tidak bakal lupa. Tapi kalau sudah ditulis saat itu. Tidak akan bisa ikut GA nya mak Muna Sungkar dong. Jadi..ambil hikmahnya saja. Ditulis sekarang, sambil terapi mengingat serpihan memori yang terlupakan.

Yang tak bisa dilupakan tentu saja ini kali pertama saya ke luar negeri dan banyak terbengong karena saya tidak banyak persiapan mencari tahu tempat yang akan dituju. Ini pelajaran untuk perjalanan selanjutnya, cari tahulah tempat tujuanmu supaya nggak bengong!

Bulan Juli tahun 2010 suami mengajak saya mengunjungi kakaknya yang tinggal di Singapura. Saat itu anak kami baru satu. Zaidan masih berusia 3 tahunan saat kami dan salah seorang adik suami berangkat kesana.

(Di Bandara Soekarno-hatta, menunggu Pesawat)

(Di …