Thursday, February 6, 2014

Gula Aren, Teman Masak Yang Setia

Suatu hari saya melihat seorang saudara saya makan singkong goreng dengan sebatang gula merah. Aneh, pikir saya. Tapi saya jadi terdorong untuk mencobanya. Waah, ternyata perpaduan singkong goreng dan gula merah enak juga. Manisnya gula merah terasa berbeda. Itulah kali pertama saya merasakan gula merah tanpa dicampur dengan makanan lain, dan saya langsung menyukainya.


Gula merah atau gula aren atau palm sugar kaya rasa dan aroma. Mengandung nutrisi dengan warna coklat kekuningan sampai gelap. Terbuat dari nira enau (Arenga Pinnata) yang diuapkan di atas tungku.Setelah kekentalan tertentu nira yang sekarang berubah jadi sirup diangkat dari tungku kemudian di cetak.

Saya selalu sedia gula aren di rumah. Saya taruh di kulkas supaya awet dan tidak dikerubungi semut. Saya tidak terlalu rajin untuk menyisir dulu si gula aren sebelum masuk kulkas. Saya biarkan dalam bentuk batangan bulat. Nanti kalau mau pakai baru saya keluarkan sesuai keperluan.

Saya tidak pernah sengaja ngemil gula aren walau sangat suka rasanya. Tapi kalau sedang masak dan ada gula aren di area dapur untuk bahan memasak, sudah pasti saya comot sedikit demi sedikit deh si manis ini. Sejauh ini kesukaan saya sama gula aren belum menular ke anggota keluarga lain. Tapi bungsuku, Raissa, waktu disuapi gula aren saat menemaniku di dapur, dia suka-suka aja tuh.

Saya sebenarnya tidak pintar memasak. Tapi saya berusaha untuk belajar. Beberapa masakan saya yang memakai gula aren diantaranya:

Kolak
Biasanya saya buat kolak saat bulan Ramadhan. Kolak pisang, ubi, labu, dan kadang singkong. Tapi kalau kangen kolak, tidak saat Ramadhan pun saya buat juga.


Bola ubi isi gula merah
Biasanya kalau ada sisa ubi kukus/panggang, saya buatkan masakan ini untuk cemilan atau bekal sekolah anak. Saat kita gigit ubinya, gula merah yang lumer karena minyak panas akan meleleh di mulut. Mm..yummy..


Singkong goreng
Cuma saya di rumah yang makan singkong goreng dengan gula aren. Enaaak..


Pindang ikan patin, pake gula merah sedikiiit aja..


Urap sayur


Teh manis
Ceritanya ada ibu mertua mau datang. Saya kehabisan gula putih. Yasudah buat teh manisnya pakai gula aren. Eh enak juga ternyata, wangi.

Dan masakan lainnya.

Selama ini gula aren telah menjadi teman masak yang setia. Ternyata selain kaya rasa, gula aren juga kaya manfaat. Manfaat gula Aren bagi kesehatan yaitu sebagai obat rematik, kanker, gangguan ginjal, masuk angin, dan meningkatkan gairah bagi pasangan suami istri.

Namun, kita juga harus Hati-Hati memilih gula Aren. Carilah gula Aren yang terbebas dari zat pengawet atau zat kimia berbahaya lainnya. Contoh nya gula Aren organik yang diproduksi oleh Arenga Indonesia. Produk Arenga terdiri dari Palm Sugar kemasan 235 gram, liquid palm sugar dengan berbagai rasa (durian, original, pandan, nangka) dan madu hutan. Waah, jadi ingin mencoba produknya.


Ikutan menulis tentang pemanis Sehat yuuuuuk

Sumber: eviindrawanto.com


6 comments :

  1. Woooowwww itu bila ubi gula merah nya menarik bgt, pas digigit lahar gula merah meledak di mulut (*lebay)
    Anak2 suka pasti ua Mbak..
    Sukses GA nya Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Nenek moyang kita sudah mengajarkan cara makan singkong yang enak ya Mbak, yakni dengan menambahkan gula merah.
    Makasih atas tulisannya Mbak :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah turut mendukung kontes blog Peduli Pemanis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mbak Kania

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...