Posts

Showing posts from February, 2014

Wake Up!

Image
Pertamakali saya berkenalan dengan DreamEnglish, adalah ketika saya masih mengajar di sebuah sekolah swasta. Sebagai pengajar anak, tentu kita harus kreatif dalam memberikan pengajaran lewat berbagai media, salah satunya lewat lagu.Lagu pertama yang saya kenal dari dreamenglish adalah I LikeAppleSong. Sampai saat ini kakak Zaidan masih ingat lagu ini karena memang gerakan mengelus perut yang dilakukan Om Matt si pembawa lagu saat mengucapkan kata tummy, sungguh lucu. Kemarin-kemarin saat menemani adik Raissa, saya menemukan lagi lagu-lagu lain dari DreamEnglish. Salah satunya yang ini:https://www.youtube.com/watch?v=eUXkj6j6Ezw&feature=youtube_gdata_playerSayangnya kakak Zaidan tidak langsung hafal karena syairnya lebih panjang dan banyak pengulangannya. Tapi sedikit-sedikit bisa lah..sambil belajar bahasa Inggris. Ini dia syairnya:I wakeup 2x
I washmyface 2x
This iswhat I do
When I wakeupin the morning
This iswhat I do
When I wakeup!
I brushmyteeth 2x
I combmyhair 2x
This iswhat I do
Whe…

Bintaro Jaya Xchange Mall, Pusat Lifestyle dan Belanja Terbaru di Selatan Jakarta

Image
"Umi, aku mau ke salju.." (baca: mau merasakan salju)
"Disini tidak ada salju sayang. Kenapa ingin ke salju?"
"Mau lempar bola salju kayak di film Pororo. Trus adanya dimana, mi?"
"Mm..salju itu adanya di Amerika, Jepang, dan.."
"Aku mau ke Amerika umi..."
"Oh..ng..iya nanti tanya ayah dulu ya..." (sambil berfikir berapa karung uang yang dihabiskan untuk kesana hanya melihat salju)Percakapan saya dan dengan anak sulung saya, Zaidan, yang bulan Mei nanti menginjak 7 tahun ini berlangsung beberapa bulan lalu. Sekarang dia tidak pernah lagi menyinggung hal ini. Namun, ketika kakak ipar saya memberitahukan bahwa ada mall baru di daerah Bintaro yang memiliki fasilitas ice skating, saya jadi teringat lagi percakapan ini. Langsung saya memberitahu Zaidan kalau di daerah Bintaro ternyata ada mall yang menyediakan arena Ice Skating. Memang berbeda dengan salju yang bisa dipegang dan dibentuk bola, namun setidaknya sama-sama dingi…

Sebuah Motivasi Untuk Pengajar AlQur'an

Image
Ada training motivasi pengajar AlQuran, gratis, lokasi masih satu kecamatan, boleh bawa anak (kata ketua panitianya, Bu Rani, yang notebene teman semasa kuliah sampai sekarang). So...tunggu apa lagi? Langsung saya iyakan ketika sang teman menawari untuk ikut. Sebetulnya target training adalah guru TPA. Dan..sebetulnya saya juga guru TPA untuk anak-anak saya di rumah hehe.

Minggu pagi tanggal 23 Februari saya berangkat naik ojek ke lokasi training. Pertimbangan naik ojek karena belum tahu lokasinya dan takut salah alamat seperti mba Ayu TingTing hihi. Setelah dibawa muter-muter sama tukang ojek dan tanya sana sini, akhirnya sampai ke lokasi jam 8 lewat.

Acara baru saja mulai. Setelah isi daftar tamu, saya duduk manis menyimak acara. Adik Raissa di sebelah saya langsung menyantap snack yang disediakan panitia. Pak Jamal, pembawa acara memulai training dengan senam otak untuk melatih konsentrasi peserta dan menyegarkan suasana. Mau tau senam otak seperti apa. Coba deh gerakan-ger…

Cantik dan Sehat, Tak Harus Mahal

Image
"Lagi isi ya bu?"
"Oh nggak.."

Sudah lebih dari dua kali percakapan seperti di atas terjadi, saat belanja sayur, saat berpapasan dengan tetangga di jalan. Saya berusaha menjawab dengan sopan bahwa memang berat badan saya tengah '

"Itu perut kenapa?"
Kali ini suami yang bertanya sambil menunjuk ke arah perut saya yang membuncit. Saya jawab dengan muka cemberut dan dia dengan sadar diri segera berlalu (Hehe..maaf ya yah...spontan aja itu mah).

Awalnya tak ada risih sedikitpun dengan pertanyaan-pertanyaan itu karena memang saya merasa baik-baik saja dan sehat walafiat. Lagipula, melihat saya sedikit gemukan, kakak ipar dan mamah mertua senang melihatnya dan berkomentar positif.

(Ilustrasi dari tanyadok.com)

Tetapi lama kelamaan, saya memikirkan juga percakapan-percakapan itu. Saya mulai merasa tidak nyaman dengan bagian 'tummy' ini. Saya mulai merasakan banyaknya baju yang sudah tidak pas di badan. Saya merasakan gerak saya kadang tidak t…

Gula Aren, Teman Masak Yang Setia

Image
Suatu hari saya melihat seorang saudara saya makan singkong goreng dengan sebatang gula merah. Aneh, pikir saya. Tapi saya jadi terdorong untuk mencobanya. Waah, ternyata perpaduan singkong goreng dan gula merah enak juga. Manisnya gula merah terasa berbeda. Itulah kali pertama saya merasakan gula merah tanpa dicampur dengan makanan lain, dan saya langsung menyukainya.


Gula merah atau gula aren atau palm sugar kaya rasa dan aroma. Mengandung nutrisi dengan warna coklat kekuningan sampai gelap. Terbuat dari nira enau (Arenga Pinnata) yang diuapkan di atas tungku.Setelah kekentalan tertentu nira yang sekarang berubah jadi sirup diangkat dari tungku kemudian di cetak.

Saya selalu sedia gula aren di rumah. Saya taruh di kulkas supaya awet dan tidak dikerubungi semut. Saya tidak terlalu rajin untuk menyisir dulu si gula aren sebelum masuk kulkas. Saya biarkan dalam bentuk batangan bulat. Nanti kalau mau pakai baru saya keluarkan sesuai keperluan.

Saya tidak pernah sengaja ngemil gula…

Mini dino

Image
Desember tahun lalu saya dan keluarga berkesempatan berkunjung ke Museum Geologi di Bandung. Ini saat yang dinanti-nanti Zaidan, anak sulung saya. Karena dia sangat ingin melihat dinosaurus kesukaannya. Walau ternyata bukan dinosaurus betulan, hanya tulang belulang dan miniaturnya, dia sangat antusias.
Ikut Turnamen Foto Perjalanan yuk..