Wednesday, December 18, 2013

Tips Menyiapkan Bekal Liburan Bersama Anak

Bandung, akhirnya kami bisa ke kota ini lagi ikut ayahnya anak-anak yang sedang dinas dari perusahaannya. Bicara soal perjalanan liburan bersama anak, tentu harus dipikirkan persiapannya. Pengalaman yang sudah lalu, seringkali sudah menyiapkan banyak hal yapi tetap saja ada yang tertinggal. Apalagi kalau diburu-buru, apalagi kalau bawa anak-anak.

Hari ini, alhamdulillah sukses tidak panik dalam menyiapkan bekal yang akan dibawa. Mungkin ini ada sedikit tips dalam menyiapkan liburan bersama anak, antara lain:

1. Tenang Ini kunci utama agar bekal yang dibawa tidak ada yang lupa dan bisa bertindak bijak.

2. Senantiasa berfikir positif Berlibur bersama anak memang memerlukan banyak bekal baju dan makanan karena mereka masih senang bermain, banyak bergerak sehingga mudah berkeringat dan lapar. Tentu hal ini membuat orangtua lelah. Tapi, ingatlah yang menyenangkan dari berlibur yaitu memberikan pengalaman dan pelajaran berharga buat anak.

3. Pikirkan baik-baik apa yang diperlukan selama perjalanan. Kalau punya balita tentu yang harus dipikirkan bekal makanananya, susunya, diapernya, baju gantinya, obat-obatan, baju hangat karena sekarang musim hujan, payung atau jas hujan, dan sebagainya.

4. Tidurkan anak-anak lebih awal agar tidak kesiangan Ini memang sebuah tantangan. Dulu kalau saya memadamkan lampu kamar dan diganti dengan yang remang-remang, anak-anak akan segera tidur tapi sekarang mereka malah ketakutan kalau lampu digelapkan.

5. Beri sarapan sebelum berangkat biar tidak masuk angin. Pengalaman yang lalu, anak sulungku tidak mau makan siang dan hanya mau minum es kelapa. Otomatis di jalan dia mabuk dan memuntahj mobil saudara kami sehingga bau muntahnya mememnuhi seluruh area mobil. Kami jadi tidak enak. Ini pelajaran kalau selama perjalanan liburan juga perlu tetap menjaga kesehatan supaya tidak merugikan orang lain.

Yah, mungkin itu tipsnya dari saya. Liburan bersama anak memang merepotkan tapi senyum lebar mereka merelakan orangtua manapun berepot-repot sedikit.

2 comments :

  1. kalau pikiran tenang dan nggak diburu waktu, insyaallah nggak ada yang ketinggalan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...