Sunday, December 1, 2013

Mendampingi Anak Saat Belajar

Melihat orangtua yang menyuruh anaknya belajar sementara ia sendiri malah nonton TV, rasanya...mengesalkan! Apalagi jika anaknya masih sangat butuh didampingi saat belajar. Rasanya tak adil anak disuruh belajar keras sementara orangtua malah bermalas-malasan. Bukankah orangtua adalah madrasah pertama sang anak? Bukankah kesuksesan anak adalah kesuksesan orangtua juga?

Mendampingi anak belajar menurut saya adalah kewajiban orangtua, baik ayah maupun ibu. Jadi ingat kata bijak dari Sahabat Ali RA, "Tujuh tahun pertama, perlakukan anak seperti raja. Tujuh tahun kedua perlakukan ia seperti tawanan (dalam pendidikan). Tujuh tahun ketiga perlakukan anak sebagai teman".

Dalam pemikiran saya yang awam, yang sekarang jarang baca buku parenting dan seringkali mengandalkan naluri dalam bergaul dengan anak, mungkin begini penjelasannya. Tujuh tahun pertama kita mendidik anak dengan banyak bermain dan bermanja-manja. Tujuh tahun kedua menerapkan disiplin dalam pendidikan kepada anak. Dan tujuh tahun ketiga banyak diskusi layaknya teman dalam mendidik anak. Wallahualam.

Diatri Rahayu dalam rubrik konsultasi keluarga di eramuslim.com mengatakan, " Sungguh mendidik anak adalah usaha yang terus menerus, yang perlu kesungguhan dan dibarengi doa yang tak ada putusnya." Ya, mendidik anak itu sepanjang usia orangtua dan anak. Orangtua dituntut jangan lelah..hiks. Oleh karena itu kerjasama orangtua diperlukan agar bisa saling memberi semangat. Dan yang utama kita memerlukan Allah SWT agar senantiasa memberikan sabar saat mendidik anak, memberikan kemudahan dalam mencari ilmu yang akan ditransfer pada anak. Amiiin.

Selamat menjalani UAS besok kakak Zaidan. Good luck!

2 comments :

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...