Friday, November 8, 2013

Sehari Tanpa Gadget Itu Mudah Kok!

"Umiiiiiii..."
Saya tersentak dan segera menutup aplikasi note pada smartphone saya, saat mendengar teriakan si sulung. "Ya ya ya, ada apa?" Segera saya simpan smartphone dan memenuhi keinginannya.

Hal ini beberapa kali terjadi saat saya memutuskan untuk berusaha aktif menulis (lagi) di blog. Bukan menulisnya yang salah, mungkin pemilihan waktu yang salah yaitu ketika anak-anak membutuhkan perhatian saya. Maka, jika ada tantangan sehari tanpa gadget, dengan senang hati saya akan melakukannya agar perhatian saya penuh untuk keluarga.

Sebenarnya, pernah beberapa kali saya tak menyentuh gadget seharian yaitu saat hari-hari memiliki bayi baru dan saat-saat sakit (ya iyalah, dalam keadaan seperti itu semua orang sepertinya bisa untuk tak menggunakan gadget. Ya kan?). Dan ternyata sebenarnya sehari tanpa gadget itu mudah kok. Yang perlu kita lakukan adalah:

Niat
Pancangkan niat yang kuat untuk tak menyentuh gadget sehariiiii saja. Niat itu awal dari perbuatan. Maka, niatkanlah dengan bismillah!

Hubungi nomor-nomor penting
Karena akan libur memakai gadget, maka setidaknya kita harus menyelesaikan urusan yang menggunakan gadget. Misalnya punya janji ngobrol di telepon dengan teman atau saudara, bisa hubungi dia terlebih dahulu untuk mengundurkan jadwal.

Simpan gadget di tempat yang Aman dari jangkauan tangan.
Bisa di dalam lemari, di dalam tas, dan sebagainya.

Buat list kegiatan yang akan dilakukan selama tidak memakai gadget.
Ini daftar kegiatan yang akan saya lakukan dalam rangka Sehari Tanpa Gadget:
- Melakukan kegiatan olahraga bersama anak-anak, seperti berenang, bersepeda dan badminton. Ketiganya adalah olahraga yang sering kami lakukan dibanding yang lain.
- Mengajak anak memasak makanan kesukaannya. Anak sulungku kadang suka ikut meramaikan dapur dengan mencuci piring, memotong sayuran, atau hanya? memasukan gula ke adonan agar-agar.
- Silaturahim ke rumah saudara atau teman, atau sebaliknya mengundang saudara atau teman untuk sekedar makan dan mengobrol. Anak saya sangat senang jika main ke rumah saudara atau teman saya yang memiliki anak sebaya dia. Dia bisa puas bermain sementara saya berbincang-bincang.
- Sekedar jalan-jalan ke tempat hiburan seperti mal atau taman lalu pulangnya makan walau cuma di warung pinggir jalan.
- Setelah seharian capek dengan kegiatan fisik, kami bisa melakukan kegiatan santai di rumah seperti baca buku, mengobrol atau sekedar berbaring di karpet/kasur.

Sehari tanpa gadget itu mudah kok, asalkan komitmen terhadap niat dan jadwal tidak dilanggar. InsyaAllah dengan taat pada janji yang kita buat sendiri, kita akan belajar disiplin, lebih rileks karena tak diganggu deringan telepon dan SMS, dan tentunya kebersamaan dengan keluarga akan terjalin lebih erat.

Tulisan ini ikutan GA keren Sehari Tanpa Gadget di Blog Keajaiban Senyuman Lhooooo

12 comments :

  1. Kl pas ada kesibukan sih bisa bgt ter alihkan mbak tp pas bengong itu... Beraatttt :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak..makanya jangan lama2 sehari aja hehe

      Delete
  2. kalo ada anak,sehari tanpa gadget kayaknya aman2 ya mbk,,maen sama anak g kerasa dah malam aja :D

    ReplyDelete
  3. Hayoo Niaaa.. udah mulai kecanduan gadget yaa xixix

    ReplyDelete
  4. Wahhhh,, si sulung rajin sekali ya mbak, senangnya :)
    Ya, mudah, tapi kadang kelupaan juga hihihihi.. Emang niat itu paling utama ya mbak :)
    Trimss dah ikutan ya mbak, nnti biar dicatat mas n mbak juri :)

    ReplyDelete
  5. Emang rasanya sekarang ini gadget adalah bagian dari rutinitas harian kita, tapi bukan berarti kita tak bisa terlepas darinya kan ya Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mqk..libur sehari tak ada salahnya kan.tentu saja kalausedang tak sibuk dgn pekerjaan yg membutuhkan gadget

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...