Wednesday, October 16, 2013

Misteri Shalat Subuh

Judul: Misteri Shalat Subuh
Penulis: DR. Raghib As-Sirjani
Penerbit: AQWAM
Tahun: 2006
Tebal: 152 halaman
ISBN: 979-3653-08-6

Saat orang-orang masih terlelap dalam tidurnya, saat matahari masih sembunyi di langit gelap, saat angin dingin pagi hari menusuk tulang, saat itulah panggilan untuk shalat Subuh mengalun dan butuh pengorbanan sangat besar agar tubuh lelah kita bangun, berdiri, mengambil wudhu dan pergi ke mesjid.

Dibalik dua rakàat di ambang fajar, dibalik pengorbanan orang-orang yang melaksanakannya, tersimpan rahasia yang menakjubkan. Pahala shalat Subuh setara dengan melaksanakan shalat malam satu malam penuh. Shalat Subuh merupakan sumber cahaya di hari kiamat, orang yang melaksanakannya dijanjikan surga, bahkan lebih dari itu melihat Allah di surga.

Shalat Subuh sangat istimewa karena pelaksanaannya dalam kondisi dan waktu yang sama sejak pertama kali Rasulullah SAW diutus, tidak seperti shalat Ashar yang semula dua rakaat kemudian ditambah menjadi empat rakaat setelah Isra Mi'raj. Adzan Subuh juga berbeda dengan adzan shalat lainnya dengan penambahan lafal as shalaatu khaira minan naum (2X) yang artinya shalat itu lebih baik dari tidur. Shalat Subuh tidak bisa di-jama' dan di-qashar baik pada waktu bepergian, di rumah, pada saat haji, jihad, dan lain-lain. Keistimewaan lain shalat Subuh diuraikan dalam buku ini dengan singkat tapi penuh makna.

Banyak peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi di waktu Subuh, antara lain pengangkatan Umar bin Khattab sebagai khalifah setelah Abu Bakar Shiddiq terjadi setelah shalat Subuh di Mesjid Nabawi. Khalid Bin Walid RA tidak memulai perang kecuali setelah shalat Subuh dan Rasulullah memenangkan perang Khaibar setelah shalat Subuh.

Sungguh, telah diberkahi waktu Subuh seperti doa Rasulullah, "Ya Allah berkatilah umatku di waktu pagi" (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, Ahmad, dan ibnu Majah) (halaman 89). Berkah dalam segala hal, pekerjaan, pendidikan, kesehatan, dan yang lainnya. Maka, bersegeralah untuk bangun dan shalat Subuh tepat waktu. Tidak ada kerugian bangun subuh, malah menyehatkan dan bisa memulai aktivitas lebih awal. Penulis menceritakan pengalamanya ketika di Amerika. Ia melihat orang-orang bangun sebelum subuh untuk mengajak anjingnya jalan-jalan atau pergi bekerja karena rasa cinta mereka pada binatangnya dan pekerjaannya. Kita, muslim, yang mengaku cinta Ilahi seharusnya juga berbuat yang layak untuk Zat yang dicintainya dengan melaksanakan perintahnya tepat waktu.

Buku ini membahas berbagai keutamaan shalat Subuh tanpa mengenyampingkan pentingnya shalat yang lain, disertai dalil dari Al Quran dan Hadist. InsyaAllah, setelah membaca buku ini pembaca akan semakin bersemangat untuk ibadah terutama shalat subuh tepat waktu supaya menjadi umat yang lebih baik. Aamiin.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...