Saturday, October 12, 2013

40 Kisah Sebelum Anak Tidur

Judul: 40 Kisah Sebelum Anak Tidur
Penulis: Abu Farras Mujahid
Penerbit: Jabal Kids
Tahun: 2009
Tebal: 97 halaman

Seorang utusan gubernur mendatangi Khalifah Umar bin Abdul Azis. Setelah utusan itu masuk, Umar memerintahkan untuk menyalakan lilin yang besar. Umar bertanya kepada utusan tersebut tentang penduduk kota, kaum muslimin di sana, bagaimana perilaku gubernur, bagaimana harga-harga, anak-anak, orang Muhajirin dan Anshar, para ibnu sabil, dan orang miskin. Setelah menjawab semua pertanyaan Umar, utusan itu balik bertanya tentang bagaimana keadaan Umar, badannya, keluarganya, dan seluruh pegawainya. Umar kemudian mematikan lilin dan menjawab, "Wahai hamba Allah, lilin yang kumatikan itu adalah harta Allah, harta kaum muslimin. Ketika aku bertanya kepadamu tentang urusan mereka maka lilin itu dinyalakan demi kebaikan mereka. Begitu kamu membicarakan tentang keluarga dan keadaanku, maka aku pun mematikan lilin milik kaum muslimin." (Halaman 5)

Inilah salah satu kisah yang ada dalam buku ini. Kisah tentang bagaimana seorang pemimpin itu akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Allah. Anak sedini mungkin diajarkan untuk berbuat adil dan bijaksana agar dia dapat menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri, keluarganya, dan masyarakatnya.

Ada 40 kisah menarik dalam buku ini yang dapat disampaikan kepada anak, diantaranya tentang makanan halal dan berkah, kejujuran, rajin menuntut ilmu, dan sebagainya. Semua kisah ini disertai ilustrasi dan hikmah yang bisa direnungkan orangtua dan anak.

Di cover buku bagian belakang disebutkan bahwa menurut penelitian, pada saat anak tidur, otak anak terus bekerja memproses pengetahuan yang ia dapatkan sebelumnya. Sehingga saat anak bangun, kisah yang dibacakan sebelum tidur memberi kesan positif pada dirinya. Tidak heran kisah itu akan terus diingat anak hingga dewasa.

Dengan membacakan kisah-kisah, orangtua telah membantu meningkatkan kemampuan otak anak, karena 80% otak berkembang pada saat usia balita. Oleh karena itu, yuk kita luangkan waktu sejenak untuk menyampaikan satu atau dua kisah pada anak kita.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...