Posts

Showing posts from October, 2013

Andai a..a..a aku punya Acer Aspire E1-432

Image
Seperti biasa, setiap Hari Raya Idul Fitri saya dan keluarga pulang ke kampung halaman saya atau suami. Seperti halnya Idul Fitri tahun 2013 ini. Saya pulang terlebih dahulu ke rumah orangtua di Kuningan, Jawa Barat, tanpa ditemani suami karena beliau masih ada pekerjaan.

Pulang kampung itu berjuta rasanya. Senang, karena akan bertemu orangtua dan sanak saudara, lelah karena perjalanan yang ditempuh, dan kadang terasa asing karena orang-orang dan lingkungan berubah. Orang yang saya jumpai dulu masih imut-imut, eh sekarang sudah punya anak. Itu dari sudut pandang saya, mungkin dari sudut pandang mereka juga sama. Saya berubah, udah punya anak dua, dan seterusnya. Ya, semuanya berubah seiring waktu dan berharap saja berubah ke arah yang lebih baik.

Di kampung halaman, saya menghabiskan waktu dengan mengobrol dengan orangtua terutama ibu dan silaturahim ke rumah saudara. Anak-anak suka diajak kakeknya memancing ikan di kolam belakang rumah, sering juga diajak main sepupunya. Praktis, say…

Terapi Jus, Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur

Image
Judul buku: Terapi Jus, Menuju Hidup Sehat dan Panjang Umur
Penulis: Dr. B. Jensen's
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun: 2006
Tebal: xviii + 170 halaman
ISBN: 979-694-382-4 Jika dihadapkan pada kata 'jus', maka yang ada di benak saya adalah minuman dari buah, sehat, menyegarkan, dan enak. Ternyata hampir tepat, jus dalam buku ini mencakup jus buah dan sayuran yang sehat, segar dan diolah sedemikian rupa sehingga rasanya enak. Buku ini merupakan puncak penelitian penulis selama bertahun-tahun tentang manfaat sehat dari jus buah dan sayuran. Pada dasarnya, mengkonsumsi jus buah dan sayur adalah mengalihkan vitamin serta mineral yang penting -yang terkandung dalam jus- ke dalam tubuh dan cairannya (darah dan kelenjar limpa)(halaman 28). Sementara khusus pada jus sayuran hijau (klorofil) manfaat yang didapat yaitu melawan zat beracun, mengurangi bau badan dan bau BAB, meredakan peradangan, mengurangi gejala asma, membantu menyembuhkan luka lebih cepat, dan seterusnya.…

Kicauan Umi: Kekhawatiran Ibu vs Keingintahuan Anak

Image
Dear diary, Duuuh..adaaaa saja kelakuan kakak Zaidan yang membuat saya khawatir dan membuat saya berkicau panjang lebar. Kemarin, gara-gara tak tahan sama giginya yang goyang-goyang, si kakak mengambil capitan gorengan untuk mencabut giginya sendiri. Untung ketahuan dan tak lama kemudian gigi goyangnya lepas sendiri. Pada saat yang lain sepulang les ngaji, dengan santainya dia menyodorkan mukanya ke depan knalpot motor orang yang sedang menyala. Langsung deh saya berkicau lagi. Bagaimana kalau kakak terluka dan bla bla bla. Lalu berdiri menantang maut saat mobil lewat depan rumah atau mengejar mobil yang lewat. Saya pun lagi-lagi berkicau. Bagaimana kalau kakak tertabrak, bagaimana kalau mobilnya tiba-tiba berhenti saat kakak mengejar si mobil, bla bla bla. Lalu gelayutan di palang pintu yang menghalangi pintu masuk tiap blok di komplek rumah kami. Kali ini yang berkicau pak satpam hehe. Dear diary,Saya tuh sebenarnya nggak galak, nggak cerewet. (Katanya) saya itu kalem, hehe ngaku-ng…

Dino Mania

Image
Si kakak lagi sukaaa sekali sama dinosaurus. Setiap baca buku maunya buku dino. Semalam, dia habiskan lima lembar kertas untuk menggambar si dino. Berikut gambar kakak:
1. T-Rex versus Giganotosaurus
2. Utahraptor versusSpinosaurus
3. T- Rex versusrombongan Velociraptor
4. Diloposaurus versus Deinonichus. Dua Deinonichus kecil (bawah) tidak ikut bertarung karena masih kelas 3 dan 4 SD (ihik...dino juga sekolah ya kak).
5. Spinosaurus + Brachiosaurus versusGiganotosaurus. Di tengah-tengahnya adalah teman spino dan brachio yang sudah wafat :D.Saya sendiri tidak hafal nama-nama dinosaurus dan karakternya. Dan setelah selesai menggambar dino, saya tanya kakak, "Kakak senang gambar dino, emang kakak cita-citanya mau jadi apa?"
"Jadi dino"
"Loh, dino kan hewan, sudah punah lagi. Manusia lebih hebat, punya otak untuk berfikir."
"Hehe.."
"Memang mau kalau dino benar-benar ada?"
"Nggak"
"Kenapa?"
"Takut dimakan dino&quo…

Ainun Habibie Kenangan Tak Terlupakan di Mata Orang-Orang Terdekat

Image
Judul: Ainun Habibie, Kenangan Tak Terlupakan di Mata Orang Terdekat Penulis: A. Makmur Makka, dkk Penulis: Penerbit Edelweiss
Tahun: 2012
Tebal: xxiv + 170 halaman
ISBN: 978-602-8672-50-4 Tanggal 22 Mei 2010 kita dikejutkan dengan berita meninggalnya Ibu Hasri Ainun Habibie, istri Presiden RI ketiga, Prof. Dr. Ing Bacharuddin Jusuf Habibie. Indonesia berduka dan doa-doa mengalun di langit negeri. Ibu Ainun telah mengenal pak Habibie sejak SMP karena ibu mereka berteman. Mereka juga bersekolah di SMA yang sama dan sering sekali dijodohkan oleh guru mereka, karena sama-sama pintar dan berperawakan kecil. Saat ibu Ainun menjadi asisten dokter dan Pak Habibie pulang ke Indonesia dari study di Jerman, mereka bertemu, saling jatuh cinta dan menikah. Tahun-tahun pertama mereka lalui dengan penuh kesederhanaan di sebuah paviliun tiga kamar di kota Aachen, Jerman. Ibu Ainun mengurus sendiri semuanya. Mereka harus berhemat dan menabung karena penghasilan pak Habibie terbatas. Tapi Ibu Ainun …

Notebook Tipis, Emak Eksis

Image
Malam hari, saat anak-anak sudah berada di pulau kapuk, saat suami masih berkutat di depan komputer, inilah saat saya menikmati 'metime' saya dengansmartphonekeren pemberian suami. Ya, sudah kurang lebih dua bulan ini saya memiliki aktivitas lain selain mengurus keluarga dan rumah, yaitu menulis di blog.Kenapa menulis? Karena menulis adalah hobi saya, aktivitas yang sangat mungkin saya lakukan tanpa meninggalkan anak di rumah. Menulis adalah keahlian yang bisa setiap orang pelajari dan saya tidak asing dengannya, karena sebelum menikah pun saya suka menulis di diary, bahkan sempat membuat tiga buku antologi cerpen dan dua novel. Menulis juga merupakan terapi untuk mengatasi kesedihan seperti halnya yang dilakukan pak BJ Habibie saat kehilangan Bu Ainun, beliau menuliskan kisah cintanya menjadi sebuah buku.Kenapa di blog? Ini yang paling memungkinkan saat ini untuk saya berlatih menulis. Dengan fasilitas wifi di rumah dan bergabung di komunitas KumpulanEmakBlogger (KEB) dengan …

La Tahzan for Mothers

Image
Judul: La Tahzan for Mothers
Penulis: Asma Nadia, dkk
Penerbit: Lingkar Pena Publishing House
Tahun: 2009
Tebal: 231 halaman
ISBN: 978-979-1367-70-7Menjadi ibu bukanlah tugas yang mudah. Ia tidak hanya mencakup soal memandikan anak, menyiapkan makan dan menyuapi anak, antar jemput sekolah anak, dan sebagainya. Karena hal itu bisa saja digantikan oleh peran asisten di rumah. Namun tugas ibu yang utama adalah menjadi teladan dan sekolah bagi anak, tempat anak bersandar dan berkeluh kesah.Asma sewaktu kecil selalu sakit-sakitan, dari mulai paru-paru, jantung, gegar otak, sampai tumor jinak. Hal itu membuat orangtuanya tak pernah memaksanya ikut membantu pekerjaan rumah. Akibatnya Asma tak terampil mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Namun, setelah memiliki anak, Asma seolah mendapat kekuatan baru untuk menggendong anak semalaman karena sang anak demam, untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tak pernah ia kerjakan sebelumnya, bahkan tanpa fasilitas yang memadai seperti mes…

Minta Maaf, Sulitkah?

Image
Sore itu seperti biasa saya menjemput anak pulang ngaji. Beberapa anak berhamburan keluar mesjid termasuk anak saya. Dua orang anak kira-kira berumur tujuh dan delapan tahun melempar bola ke atas, ke atap mesjid. Anak lain yang lebih besar, mungkin usia SMP, yang ada di tingkat atas mesjid melemparnya lagi ke bawah. Beberapa kali seperti itu, mereka saling lempar. Baru saja khawatir terkena bola, tiba-tiba...bluk! Bola itu mendarat manis di punggung saya yang sedang membungkuk menyiapkan sepeda roda tiga si kecil. "Aw.." saya mengaduh. Kok rasanya ketimpuk batu. Sekilas saya lihat ternyata itu sepertinya bola dari kantung plastik yang diisi pasir. Pantas saja rasanya berat di punggung. Mendengar saya mengaduh, tak satu pun dari anak-anak ini sejenak berhenti atau meminta maaf. Mungkin kalau anak yang kecil saya bisa maklum, mungkin mereka belum mengerti atau tak berani bicara dengan orang asing, tapi anak yang lebih besar? Mana dia? Ternyata setelah dia tahu bola mendarat di…

2S, Gaya Hijab Pilihanku

Image
Saya memakai hijab sejak kelas 4 SD -waktu itu istilah jilbab lebih populer-. Jangan 'wow' dulu ya. Ceritanya begini. Waktu itu sedang maraknya perjuangan muslimah agar diperbolehkan memakai jilbab di tempat umum seperti sekolah, tempat kerja, dan seterusnya. Setelah ada undang-undang yang memperbolehkan hal itu, berbondong-bondong orang memakai jilbab, tak terkecuali saya. Banyak teman-teman saya memakai jilbab. Lama-lama jumlahnya menyusut dan akhirnya tinggal saya seorang. Para guru dan orangtua berkata, "Sudah tidak apa-apa, pakai saja kerudungnya jangan dibuka." Ya sudah akhirnya saya pakai terus. Tapi, namanya anak kecil, hanya memiliki kebanggaan dengan berhijab tanpa tahu apa makna dan tujuan di balik jilbabnya, saya hanya memakainya di sekolah. Ketika main di rumah, saya buka jilbabnya. Begitu juga ketika memasuki bangku Tsanawiyah (setingkat SMP), saya hanya memakai jilbab di sekolah. Barulah saat SMA, saat mengikuti mentoring Rohani Islam, saat banyak memb…

Misteri Shalat Subuh

Image
Judul: Misteri Shalat Subuh
Penulis: DR. Raghib As-Sirjani
Penerbit: AQWAM
Tahun: 2006
Tebal: 152 halaman
ISBN: 979-3653-08-6Saat orang-orang masih terlelap dalam tidurnya, saat matahari masih sembunyi di langit gelap, saat angin dingin pagi hari menusuk tulang, saat itulah panggilan untuk shalat Subuh mengalun dan butuh pengorbanan sangat besar agar tubuh lelah kita bangun, berdiri, mengambil wudhu dan pergi ke mesjid.Dibalik dua rak√†at di ambang fajar, dibalik pengorbanan orang-orang yang melaksanakannya, tersimpan rahasia yang menakjubkan. Pahala shalat Subuh setara dengan melaksanakan shalat malam satu malam penuh. Shalat Subuh merupakan sumber cahaya di hari kiamat, orang yang melaksanakannya dijanjikan surga, bahkan lebih dari itu melihat Allah di surga.Shalat Subuh sangat istimewa karena pelaksanaannya dalam kondisi dan waktu yang sama sejak pertama kali Rasulullah SAW diutus, tidak seperti shalat Ashar yang semula dua rakaat kemudian ditambah menjadi empat rakaat setelah Isra…

Jumpalitan Mencari Sang Pangeran

Image
Judul: Jumpalitan Mencari Sang Pangeran
Penulis: Shelina Zahra Janmohamed
Penerbit: Mizan
Tahun: 2010
Tebal: 465 halaman
ISBN: 978-979-433-576-5Menikah. Ah, siapa yang tak menginginkannya. Semua hal tentangnya serba indah dalam bayangan, memiliki pasangan tempat berbagi, memiliki anak yang soleh dan solehah, dan yang paling utama adalah ibadah, menggenapkan agama. Begitu juga halnya dengan Shelina. Sebagai muslimah, ia ingin menerapkan idealisme Islam dalam pernikahan. Sebagai gadis yang lahir dan besar di London yang budaya medianya memiliki pandangan sendiri tentang cinta, ia juga ingin merasakan cinta romantis saat bertemu 'pangeran' impiannya. Sebagai keturunan Asia, ia bisa menerima metode perjodohan tradisional yang sudah turun temurun dilakukan keluarga besarnya.Maka, dimulailah perjalanan Shelina untuk mencari 'pangeran'nya. Ada Ali, seorang akuntan yang baik,  kemudian Samir, wirausahawan yang membenci buku, lalu Ahmed, akuntan yang bersikap ketus, Syed yang t…

40 Kisah Sebelum Anak Tidur

Image
Judul: 40 Kisah Sebelum Anak Tidur
Penulis: Abu Farras Mujahid
Penerbit: Jabal Kids
Tahun: 2009
Tebal: 97 halamanSeorang utusan gubernur mendatangi Khalifah Umar bin Abdul Azis. Setelah utusan itu masuk, Umar memerintahkan untuk menyalakan lilin yang besar. Umar bertanya kepada utusan tersebut tentang penduduk kota, kaum muslimin di sana, bagaimana perilaku gubernur, bagaimana harga-harga, anak-anak, orang Muhajirin dan Anshar, para ibnu sabil, dan orang miskin. Setelah menjawab semua pertanyaan Umar, utusan itu balik bertanya tentang bagaimana keadaan Umar, badannya, keluarganya, dan seluruh pegawainya. Umar kemudian mematikan lilin dan menjawab, "Wahai hamba Allah, lilin yang kumatikan itu adalah harta Allah, harta kaum muslimin. Ketika aku bertanya kepadamu tentang urusan mereka maka lilin itu dinyalakan demi kebaikan mereka. Begitu kamu membicarakan tentang keluarga dan keadaanku, maka aku pun mematikan lilin milik kaum muslimin." (Halaman 5)Inilah salah satu kisah yang …

Dinosaurus Makhluk Paling Mengerikan di Dunia

Image
Judul: Dinosaurus Makhluk Paling Mengerikan di Dunia
Penulis: Veronica Ross
Penerbit: Karisma Publishing Group
Tebal: 190 halaman
Harga: Rp 129.900,-Pernahkah anda menonton film jurrasic park? Menakjubkan bukan melihat tirranosaurus rex atau brontosaurus berseliweran di sekitar anda. Ukuran binatang itu bisa mencapai berpuluh-puluh kali dari manusia. Tetapi ternyata dinosaurus itu macam-macam. Ada juga yang berukuran kecil. ada yang bisa terbang, ada juga yang hidup di air.Buku ini membagi dinosaurus  ke dalam enam zaman. Zaman Sebelum Dinosaurus, Zaman Triasik, Zaman Jurasik, Zaman Kretaseus Awal, Zaman Kretaseus Akhir, dan Zaman Setelah Dinosaurus.Ada Dimetrodon di Zaman Sebelum Dinosaurus yang memiliki panjang mencapai 3,6 meter dan tinggi mencapai 1,98 meter (halaman 20 dan 21). Makhluk yang beratnya mencapai 248 kilogram ini memiliki layar di punggungnya yang dapat berubah warna sesuai suasana hati. Dimetrodon memangsa reptil, ikan, kerang, dan bangkai.Di Zaman Triasik ada dinosa…

Rumah Seribu Malaikat

Image
Judul: Rumah Seribu Malaikat
Penulis: Yuli Badawi dan Hermawan Aksan
Penerbit: Noura Books
Tahun: 2012
Tebal: 424 halaman
ISBN: 978- 602-9498-62-2Tidak semua orang pernah ditawari merawat bayi orang lain. Tetapi itulah yang dialami Yuli. Bukan hanya sekali, tetapi lima kali! Sayangnya, kelima tawaran itu terpaksa ditolak. Kini, Yuli mendapat tawaran keenam. Apa yang harus dilakukan kini? Apa sebenarnya maksud Tuhan dengan semua ini?Akhirnya Yuli menerima bayi keenam ini dan dia namakan Muhammad Azzam. Setelah Azzam, menyusul bayi-bayi lain meramaikan rumah Yuli yaitu Putri, Baqir, Daffa, Saina, dan seterusnya.Sudah lebih dari lima puluh anak angkat yang dirawat oleh Yuli dan Ahmad Badawi, suaminya. Padahal mereka hanya sepasang suami istri sederhana dengan penghasilan yang biasa-biasa saja. Belum lagi, mereka juga sudah paruh baya dan memiliki empat orang anak yang masih butuh perhatian dan biaya yang tidak sedikit. Namun, ada saja jalan Allah mencukupkan rejeki mereka. Ada tukang say…

Dahsyatnya Sirsak Tumpas Penyakit

Image
Judul: Dahsyatnya Sirsak Tumpas Penyakit
Penulis: Dr. Adji Suranto, Sp. A
Penerbit: Pustaka Bunda
Tahun: 2011
Tebal: 73 halaman
ISBN: 978-979-1480-61-1Sirsak yang oleh masyarakat lebih dianggap tanaman buah, ternyata punya segudang manfaat kesehatan, mulai dari kanker, jantung, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, asam urat, infeksi kandung kemih, batuk, demam, sinusitis, dan diare. Bukan hanya buahnya yang memiliki manfaat, tapi juga daunnya, bunganya, kulit kayunya, sampai bijinya.Buah sirsak kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Dalam tabel 5 (halaman 20) diperlihatkan sirsak juga berkhasiat sebagai antibakteri, antivirus, antitumor, antimalaria, antiinflamasi, dan lain-lain termasuk insektisida (membunuh serangga) dan pestisida (membasmi organisme pengganggu tanaman).Salah satu penyakit mematikan adalah kanker. Hasil riset menyatakan sirsak mengandung asetoginin yang mampu melawan 12 jenis sel kanker! Berbagai penelitian d…

Cinta, Tak Harus Selalu Diucapkan

Image
Duhai waktu, begitu cepat engkau berlayar. Baru tujuh tahun saja aku melalui perjalanan cinta dengan dia. Usia perjalanan yang masih dini. Seperti anak kecil yang masih labil dan butuh bimbingan orang dewasa.Dulu, aku seringkali bertanya dalam hati. Kenapa sih dia tak pernah ungkapkan cinta. Kenapa sih dia jarang bercengkerama dengan buah cintanya. Kenapa sih dia sibuk di depan komputer, atau sebaliknya tiduran sepanjang hari,  saat hari libur? Kenapa sih? Kenapa ini? Kenapa begitu?Sayangnya, tanyaku tak mendapat jawaban karena aku menyimpan tanya itu dalam hati. Awalnya hanya sungkan. Ah, bagaimana kalau dia tersinggung. Ah, kasihan pulang kerja pasti capek. Ah, nanti saja. Nanti. Nanti. Akhirnya aku dan dia seringkali tak banyak bicara walau tinggal satu atap. Dia pergi pagi dan pulang malam. Dia pulang aku tidur karena lelah seharian mengurus rumah dan anak.Akhirnya, aku seringkali tak kuasa menahan diri, merasa beban di pundak terasa berat karena tak ada teman berbagi. Seringkali …

Lumbung Gandum Tikus Mungil

Image
Judul: Lumbung Gandum Tikus Mungil
Penulis: Venny Effendy
Ilustrator: Ferry Barryadi
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tahun: 2009
Tabal: 49 halaman
ISBN: 978-979-27-4847-6Ular Pintar dan Kambing Cantik sering mengejek si Tikus Mungil yang sangat rajin bekerja, tapi Tikus Mungil tidak pernah mempedulikan ejekan itu. Ketika hujan membanjiri Perkampungan Binatang Ceria, semua warga mengungsi ke lumbung gandum Tikus Mungil. Lalu, bagaimana dengan Ular Pintar dan Kambing Cantik? Apakah mereka ikut mengungsi juga?

sepanjang jalan menuju lumbung gandum milik tikus mungil, kambing cantik dan ular pintar menundukkan kepalanya. sebelum masuk ke dalam lumbung, Dengan rasa malu dan perasaan menyesal kambing cantik dan ular pintar meminta maaf pada tikus mungil. apakah tikus mungil memaafkan mereka berdua. ya, tentu saja. dengan tulus tikus mungil memaafkan kambing cantik dan ular pintar. 
***
Seperti biasa, yang menarik dari buku anak adalah halaman yang penuh warna, ilustrasi yang menarik, dan …

Kumpulan Cerita Sains Untuk Anak

Image
Judul: Kumpulan Cerita Sains Untuk Anak
Penulis: Ko Ji Hye, Lee Roo Mee, Min Hae, Na Ji Wean, Oh Hyun Kyeang, Yang Seung Hyun
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tebal: 283 halaman
ISBN: 978-979-074-334-2Sains, terdengar begitu berat bagi sebagian anak. Buku ini mengajak anak untuk mempelajari sains dengan menyenangkan melalui cerita dan permainan yang menarik. Proses fotosintesis disampaikan melalui cerita sebuah kacang polong yang terdampar di piring berisi permen cokelat. Mengetahui itu bukan kacang, seorang anak lalu melempar kacang polong itu ke luar rumah. Kacang polong terkubur di dalam tanah, terkena air hujan dan tumbuh menjadi tanaman kacang yang cantik.Proses penyerbukan disampaikan melalui cerita Bong-Bong si lebah yang suka mengeluh. Dia sangat malas menaburkan serbuk sari ke bunga-bunga. Tanpa sengaja, angin menerbangkan Bong-Bong dan dia jatuh di atas bunga stroberi kecil. Bunga stroberi kecil berterimakasih pada Bong-Bong karena telah menaburkan serbuk di atasnya sehingga…

Tampil Sederhana Dengan Kosmetik Halal

Image
Saya adalah seorang ibu rumah tangga. Pekerjaan saya sehari-hari memasak, cuci baju dan piring, nyapu dan ngepel, memandikan dan menyuapi anak, belanja kebutuhan rumah tangga, main dengan anak, antar jemput anak les ngaji, menidurkan anak, dan lain-lain. Aktivitas banyak yang saya lakukan di rumah. Tapi, bukan berarti karena di rumah saja saya tidak merawat diri. Justru karena saya banyak bergerak, banyak berkeringat, saya harus pintar merawat tubuh. Apalagi kulit muka saya berminyak, mudah berjerawat, dan cenderung sensitif. Saat ini banyak sekali jenis dan merek kosmetik yang bisa digunakan para wanita untuk merawat diri. Semasa remaja, saya termasuk orang yang mudah terpengaruh jika melihat iklan kosmetik. Saya sering mencoba berbagai kosmetik sehingga kulit saya rusak dan jadi langganan dokter kulit yang lumayan mahal. Sekarang saya berhati-hati memilih kosmetik. Saya memilih yang cocok dengan kulit saya, yang bahannya tidak berbahaya, dan tentunya yang halal.Kenapa kosmetikhalal?…

Kambing dan Keledai

Image
Judul: Kambing dan Keledai
Penulis: Simon Puttock
Ilustrator: Russel Julian
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tebal: 77 halaman
ISBN: 978-602-249-047-0
Harga: Rp 59.000,-Cerita tentang persahabatan selalu menarik untuk disimak. Seperti kisah persahabatan kambing dan keledai dalam buku ini. Kambing yang selalu linglung dan keledai yang selalu sabar akan membuat kita tersenyum dan saling berpelukan.Ada tiga cerita dalam buku ini. Pertama, cerita tentang kambing yang ingin pergi berlibur. Tapi dia bingung hendak pergi kemana dan belum memutuskan. Dengan sabar, keledai berusaha membantu kambing menemukan tempat yang asyik untuk berlibur. Kedua, cerita tentang kambing yang membantu keledai berbelanja kebutuhan rumah di pasar. Tapi sayang, karena bingung kambing malah membeli kacamata bergambar strawberry. Ketiga, cerita tentang kambing yang ketakutan mendengar suara ribut saat tengah malam. Dia mengira keledai diculik. Ternyata suara ribut itu adalah suara keledai yang sedang makan di dapur…

Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Quran

Image
Judul: Alhamdulilah Balitaku Khatam Al-Quran
Penulis: Dr. Sarmini, Lc. MA
Penerbit: Khazanah Intelektual
ISBN: 978-979-3838-40-3
Harga: Rp 25.000,-"Didiklah anak-anakkaliantigaperkara, yaitucintapadanabinya, cintapadaahlulbait, sertacintamembacaAl-Quran". (H.R. Ad Dailamy dari Imam Ali)Dalam hadist di atas Allah SWT memerintahkan setiap orangtua untuk mendidik dan melakukan usaha agar anak-anaknya cinta membaca Alquran. Mengajarkan Al-Quran pada anak tidak cukup sampai anak bisa membacanya. Tetapi, mengajarkan Al-Quran yang paripurna adalah bagaimana membimbingnya untuk mencintai Al-Quran , membacanya setiap hari, memiliki target prestasi dengan Al-Quran, dan senang berinteraksi dengan Al-quran. Karena mencintai Al-Quran itu lebih utama dari sekedar bisa membacanya.Buku ini disusun berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan penulis dalam membimbing anak-anaknya untuk mau berinteraksi dengan Al-Quran setiap hari. Karena azzamyang kuat, konsisten dan istiqomah dalam mendidik …

3 Menit Belajar Pengetahuan Umum: Dinosaurus, Binatang, Serangga

Image
Judul: 3 Menit Belajar Pengetahuan Umum Dinosaurus, Binatang, Serangga
Pengarang: Kim Seok-Ho/Kim Seok-Cheon
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tebal: 193 halaman
ISBN: 979-798-145-2
Harga: rp 55.000,-
Pertamakali saya melihat 'penampakan' buku ini di perpustakaan sekolah tempat saya mengajar dulu. Saya langsung jatuh cinta. Wah, ini buku yang sangat cocok untuk anak saya yang pecinta dinosaurus. Dan seperti sudah kontak batin saja, beberapa waktu kemudian suami membelikan buku ini untuk anak saya.Anak saya langsung suka buku ini karena buku ini dikemas dalam bentuk komik, fullcolour, dan cerita yang lucu. Tokoh dalam buku ini adalah Ding Dong (seorang siluman kecil), Paman Penyihir, Pinggu (seekor pinguin kecil), Dino (seekor dinosaurus kecil), dan Silo (siluman kecil yang nakal). Mereka semua tinggal di desa siluman. Dialog-dialog mereka yang lucu seakan memberi jawaban bagi mereka yang haus pengetahuan tentang dinosaurus, binatang, dan serangga.

Semua sub judul di buku komik ini…