Tuesday, June 18, 2013

Ubi oh Ubi

Ubi, siapa yang tidak tahu makanan yang enak dan murah meriah ini -tidak tahu ya apa sekarang masih murah meriah secara BBM naik, apakah ubi naik juga harganya?-. Tetapi ternyata banyak juga yang tidak suka ubi dengan alasan nanti keluar gas terus. Padahal ubi mengandung betakaroten yang bagus untuk kulit.

Saya suka ubi karena waktu kecil di kampung ibu saya suka menyajikan ubi untuk cemilan. Biasanya ubi direbus, dibakar dengan arang bekas masak -mmm harum deh kalo dibakar, kulit ubi yang gosong pun bisa kunikmati- atau digoreng pakai tepung.

Entah kapan ya saya menikmati ubi dalam bentuk lain,yang jelas saat merantau, yaitu dalam bentuk keripik ubi dan kue bola ubi yang isinya gula merah. mm..yummy ternyata.


One day saya kukus ubi untuk cemilan d rumah dan ternyata masih ada sisa. Lalu saya berfikir untuk buat bola-bola ubi. Ubi sisa itu saya lumatka, campur dengan sedikit tepung sagu dan garam lalu dibentuk bulat-bulat seperti bola kemudian diisi gula merah (diisi keju juga bisa). bola ubi kemudian digulingkan ke telur dan tepung panir (karena tidak ada tepung panir aku pakai tepung terigu, memang tak sebagus kalau pakai panir tapi tak apalah..seadanya di rumah ya kan..) lalu digoreng sampai kecoklatan. Jadi deh bola ubi goreng isi gulmer. Alhamdulilah anakku suka banget. Si kaka bawa bola ubinya ke sekolah untuk bekal dan si adik maem bola ubinya as finger food.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...