Tuesday, June 11, 2013

Pisang Panggang Balut Karamel

Beberapa waktu lalu saya beli pisang di tukang sayur. Pisang kecil-kecil yang mengingatkan pada masa kecil. Orangtua kerap memberiku pisang seperti itu. Di  kampungku disebut pisang muli. Ada juga yang menyebut pisang uli. Saya sebenarnya lebih suka pisang ambon karena teksturnya lebih lembut. Tapi kadang harganya lebih mahal sehingga saya urung memvelinya. Saya juga suka pisang nangka buat dibikin kolak atau lumpia isi pisang coklat. Selain tentu kandungan vitaminnya, pisang oke banget sebagai camilan pengganjal perut. Saya memberikan pisang untuk anak-anak sebagai camilan, buah dan penambah berat badan.

Sampai di rumah ternyata pisang uli yang saya beli belum terlalu matang. Satu hari pisang itu tergeletak saja di meja tidak ada yang menyentuh. Akhirnya saya terpikir untuk mengkreasikan pisang itu menjadi makanan yang lain.

Pisang uli saya belah tipis lalu digoreng dengan minyak sedikit, pakai margarin lebih harum, sampai agak kecoklatan. Setelah selesai, angkat semua. Wajan bekasnya dipajai untuk membuat karamel. Tapi sebelumnya minyak bekas gorengnya kalau masih ada dipindahkan dulu.

Tuang gula pasir ke wajan, biarakan menjadi karamel lalu masukan pisangnya. Aduk dan matikan apu. Sajikan hangat, taburi susu kental manis. Mmm...yummy, Alhamdulillah suami dan anak-anak suka. Sehat, murah dan praktis.

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...